kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Bangun Pabrik Lagi, Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Berancana Lakukan Right Issue


Senin, 06 Juni 2022 / 19:10 WIB
Bangun Pabrik Lagi, Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Berancana Lakukan Right Issue
ILUSTRASI. Pelepasan ekspor produk olahan PT Panca Mitra Multiperdana ke pasar global, Jumat (4/12/2020). 


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) akan melaksanakan rencana penambahan modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue. 

Rencananya, dana hasil rencana PMHMETD setelah dikurangi seluruh biaya emisi akan digunakan untuk belanja modal perseroan, berupa pembangunan konstruksi pabrik baru (pabrik ke-9) serta pembelian mesin beserta fasilitas penunjangnya untuk meningkatkan produksi Value-Added Shrimp. 

Selain itu, sisa dana tersebut juga akan digunakan untuk modal kerja perseroan yang akan digunakan untuk pembelian bahan baku udang dan bahan baku pelengkap untuk kegiatan operasional dan produksi perseroan.

Baca Juga: Kuartal I 2022, Penjualan Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Meningkat 12%

"Melalui pembangunan pabrik baru perseroan dengan tujuan untuk menambah kapasitas produksi produk Value Added Shrimp, hal ini akan berkontribusi positif terhadap kinerja keuangan dan profitabilitas Perseroan. Selain itu, dengan penambahan modal ini, hal ini akan berdampak positif pada struktur permodalan perseroan dan mampu menurunkan rasio-rasio solvabilitas perseroan, antara lain: Debt to Equity dan Debt to Assets," tulis manajemen PMMP, dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Senin (6/6).

Perseroan berencana untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 784.000.000 saham dengan nilai nominal Rp 100,00, atau mewakili sebanyak-banyaknya 25,00% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan pada saat keterbukaan informasi ini.

Jumlah maksimal lembar saham ini merupakan perkiraan dan penetapannya akan diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Harga pelaksanaan rencana PMHMETD akan ditetapkan dan diumumkan kemudian di dalam prospektus rencana PMHMETD.

Sesuai Pasal 8 ayat (3) POJK 32/2015, jangka waktu antara tanggal persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sehubungan dengan rencana PMHMETD sampai dengan efektifnya pernyataan pendaftaran tidak lebih dari 12 bulan.

 

 

Martinus Soesilo, Direktur Utama PMMP menyampaikan dalam keterangan resminya, rights issue ini nantinya akan membiayai rencana ekspansi usaha PMMP tahun 2023 untuk memulai pembangunan pabrik ke-9 di Situbondo, Jawa Timur. 

"Ke-8 pabrik kami sudah mencapai utilitas maksimal, dan permintaan produk kami baik dari sisi ekspor maupun domestik terus mengalami pertumbuhan, sehingga kami berencana untuk menambah kapasitas pabrik kami dengan membangun pabrik baru," ungkap Martinus dalam keterangannya hari ini. 

Martinus menambahkan, nantinya pabrik baru tersebut akan tetap fokus  menmproduksi produk Value Added Shrimp, yang memang sudah menjadi fokus Perseroan sejak tahun 2020. Dari rencana pendanaan tersebut, Martinus menilai hal ini nanti akan memperbaiki struktur permodalan Perseroan dan memberikan dampak positif pada likuiditas Perseroan.

"Dengan adanya tambahan setoran modal ini, rasio-rasio likuiditas dan solvabilitas kami akan membaik dan struktur permodalan Perusahaan juga akan lebih sehat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×