kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45778,92   8,25   1.07%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Bali Towerindo (BALI) rilis obligasi tahap I senilai Rp 800 miliar


Kamis, 30 Januari 2020 / 19:12 WIB
Bali Towerindo (BALI) rilis obligasi tahap I senilai Rp 800 miliar
Paparan publik penerbitan obligasi berkelanjutan 1 Bali Tower tahap 1 tahun 2020, Kamis (30/1)

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten menara telekomunikasi PT Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI) menawarkan obligasi sebesar Rp 800 miliar. Penerbitan ini merupakan tahap I dari rangkaian penerbitan Obligasi Berkelanjutan I Bali Tower dengan jumlah pokok sebanyak-banyaknya Rp 1,6 triliun.

BALI menunjuk PT Mandiri Sekuritas, PT Sinarmas Sekuritas, serta PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi efek atau joint lead underwriters dan PT Bank Bukopin Tbk sebagai wali amanat.

Baca Juga: Terbitkan Obligasi, Bali Towerindo (BALI) Bidik Dana Segar Rp 1,6 Triliun

Direktur PT Trimegah Sekuritas Tbk David Agus mengatakan, surat utang BALI ini terbagi dalam dua seri, yaitu seri A dan B dengan tenor masing-masing tiga tahun dengan kupon 9,2% hingga 9,8% dan lima tahun dengan kupon 9,7% sampai 10,3%. Bunga obligasi bakal dibayarkan setiap tiga bulan sejak tanggal emisi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bali Towerindo Sentra Tbk Jap Owen Ronadhi mengungkapkan, perusahaan akan menggunakan sebagian besar dana dari hasil obligasi ini untuk refinancing. 

BALI bakal menggunakan 80% dana dari Rp 800 miliar untuk refinancing. “20% akan digunakan untuk capital expenditure dan working capital,” ujarnya di Jakarta, Kamis (30/1).

Perusahaan berharap pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat terbit pada tanggal 21 Februari 2020. 

Selanjutnya masa penawaran umum obligasi akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2020 mendatang. Untuk pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dijadwalkan pada 2 Maret 2020.

Obligasi ini mendapatkan peringkat A dari PT Fitch Ratings Indonesia. BALI memutuskan untuk menjamin obligasi ini dengan aset berupa menara telekomunikasi milik BALI dan entitas anak yang mencakup 100% dari total emisi obligasi.

Baca Juga: Bali Towerindo (BALI) bakal terbitkan obligasi Rp 1,6 triliun

Selain itu, pembayaran tunai oleh PT Indonesia Infrastructure Finance sebagai penanggung obligasi sebesar 50% dari pokok obligasi yang diterbitkan apabila terjadi kelalaian oleh perusahaan.

Selanjutnya, BALI juga menyediakan penyisihan dana untuk obligasi ini sebesar satu periode pembayaran bunga.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×