kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,63   6,99   0.75%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagikan dividen 100% laba, Indocement (INTP): Ini apresiasi bagi pemegang saham


Selasa, 28 Juli 2020 / 20:29 WIB
Bagikan dividen 100% laba, Indocement (INTP): Ini apresiasi bagi pemegang saham
ILUSTRASI. Indocement (INTP) akan membagikan dividen tunai kepada pemegang saham senilai Rp 1,83 triliun.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemegang saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) akan ketiban berkah. Pasalnya, produsen semen merek Tiga Roda ini akan membagikan dividen tunai kepada pemegang saham senilai Rp 1,83 triliun atau 100% dari total laba bersih yang dibukukan tahun 2019.

Tidak sampai di situ, INTP juga mengambil Rp 5,31 miliar yang berasal dari saldo laba ditahan yang belum ditentukan penggunaannya tersebut untuk dibagikan sebagai dividen tunai kepada pemegang saham. Dus, besarnya dividen yang diterima oleh pemegang satu saham adalah Rp 500.

Kepada Kontan.co.id, Sekretaris Perusahaan Indocement Antonius Marcos mengatakan, dialihkannya 100% laba bersih INTP sebagai dividen merupakan hadiah bagi pemegang saham INTP.

Baca Juga: Harga masih bisa naik, saham Indocement (INTP) direkomendasikan buy on weakness

“Sebagai apresiasi kami kepada para pemegang saham di masa-masa sulit ini,” ujar Marcos saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (28/7). Selain itu, Marcos juga mengatakan INTP memiliki likuiditas yang kuat sehingga pembagian dividen ini tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan INTP.

Mengutip laporan keuangan INTP, per kuartal I-2020 INTP memiliki jumlah kas dan setara dan kas senilai Rp 7,75 triliun, naik 1,4% dari posisi kas dan setara kas sebelumnya yang berjumlah Rp 7,65 triliun. Adapun jumlah aset lancar INTP mencapai Rp 12,65 triliun.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai, pembagian dividen ini akan daya tarik tambahan bagi saham INTP. “Ini menarik sekali untuk INTP dan hal ini istilahnya menjadi booster bagi INTP ke depannya,” ujar Herditya saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (28/7).

Baca Juga: Pembukaan kembali aktivitas ekonomi akan jadi katalis positif bagi Indocement (INTP)

Secara teknikal  pergerakan saham INTP masih cukup menarik. Herditya melihat masih ada potensi naik di area Rp 13.500. Sehingga, apabila pelaku pasar ingin masuk ke saham INTP, maka bisa buy on weakness.

Pada perdagangan hari ini, saham INTP ditutup menguat 0,41% ke level Rp 12.350. Dengan demikian, maka estimasi yield dividen INTP untuk tahun buku 2019 sebesar 4,04%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×