kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Atur strategi menyiapkan dana darurat dengan investasi


Selasa, 29 November 2022 / 09:00 WIB
Atur strategi menyiapkan dana darurat dengan investasi


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Terkadang, ada hal tidak terduga yang mungkin akan Anda alami, dan mengharuskan Anda mengeluarkan dana ekstra. Misalnya kehilangan pekerjaan, kondisi kesehatan yang perlu biaya besar, atau kecelakaan yang tidak terduga. Dalam kondisi genting itu, dana darurat bisa jadi penyelamat.

Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan dana darurat. Mulai dari rutin menabung, memindahkan dana hiburan yang tidak terpakai, hingga investasi.

Pro-kontra investasi dana darurat

Walaupun terdengar menarik, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk menyiapkan dana darurat dengan investasi. Perlu diingat bahwa instrumen investasi cenderung fluktuatif. Maka, banyak orang yang tidak ingin ambil risiko jika dana darurat mengalami penurunan nilai. Proses pencairan investasi juga kadang tidak semudah menarik dana dari bank, sementara dana darurat harusnya bisa segera dicairkan saat perlu.

Di sisi lain, investasi untuk dana darurat punya beberapa kelebihan. Apalagi kalau melihat inflasi yang terjadi setiap tahun. Dana darurat Anda jumlahnya mungkin bertambah, tapi harga dasar di luar sana terus mengalami kenaikan. Dengan menginvestasikan sebagian dana darurat, Anda punya peluang untuk menghasilkan keuntungan.

Atur strategi, investasi kripto juga layak jadi opsi

Pertama, atur jumlah dana yang akan dialokasikan untuk investasi. Hindari meletakkan semua dana darurat Anda di instrumen investasi. Ambil sebagian saja, misalnya 10 persen dari dana darurat Anda. Cara lainnya adalah investasi menggunakan uang dingin, lalu masukkan sebagian keuntungan yang didapat dari investasi itu ke dana darurat secara rutin.

Selanjutnya, pilih instrumen investasi yang cocok dengan tujuan dan kebutuhan Anda. Investasi kripto yang kini tengah banyak diminati juga bisa jadi opsi. Untuk menyiasati pergerakan harga kripto seperti Bitcoin atau Ethereum yang volatil, Anda bisa memilih investasi kripto pada aset yang nilainya lebih stabil. Misalnya, investasi kripto pada stablecoin.

Stablecoin adalah aset kripto yang nilainya dibuat setara dengan mata uang fiat. Contohnya adalah USDC atau USD Coin, yang diprogram agar bisa mengikuti nilai mata uang dolar Amerika.

Menilik peluang aset kripto USDC

USDC jadi salah satu Stablecoin yang disukai banyak orang untuk investasi kripto, karena proses audit yang transparan dan dilakukan secara independen. USDC juga memiliki banyak fungsi di industri keuangan. Sehingga, USDC berpotensi bertahan lama, digunakan oleh lebih banyak orang, dan nilainya cukup stabil.

Berbeda dengan Bitcoin yang bisa didapatkan dengan cara mining atau ditambang, USDC dirilis oleh sebuah organisasi bernama CENTRE, untuk mengontrol agar nilainya setara dengan dolar Amerika atau USD. USDC juga tidak dibatasi jumlah peredarannya. Saat ini, ada sekitar 51 miliar USDC yang bersirkulasi di pasar kripto, dan sama seperti USD, USD Coin juga diperdagangkan di kisaran Rp15.700 (kurs dolar saat artikel ini ditulis).

Untuk investasi kripto, Anda perlu memiliki akun di platform crypto exchange. Akun tersebut nanti bisa Anda gunakan untuk menyimpan, membeli, dan menjual USDC. Pilih platform kripto yang proses pencairan dananya mudah. Jadi, Anda bisa segera menarik dana darurat Anda jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain itu, Anda juga perlu memastikan kalau platform kripto yang Anda gunakan itu legal dan terjamin keamanannya.

Salah satu platform kripto yang sudah mengantongi izin dari Bappebti adalah Luno Indonesia. Sehingga, lebih terjamin legalitas dan keamanannya. Anda juga bisa mengakses Luno dengan mudah lewat aplikasi di smartphone, atau melalui situs web di desktop Anda. Bahkan, Anda bisa investasi kripto mulai dari Rp25.000 saja di Luno, dengan harga layanan yang sangat terjangkau, dan tidak ada dana yang tersembunyi.

Disclaimer:

Artikel ini ditulis sebagai sumber informasi. Bukan ajakan, nasihat keuangan, ataupun rekomendasi investasi. Pastikan Anda mempelajari dan paham akan risiko dalam investasi kripto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×