kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra International (ASII) Perkirakan Penjualan Mobil Relatif Sama Dengan Tahun Lalu


Selasa, 14 Februari 2023 / 16:40 WIB
Astra International (ASII) Perkirakan Penjualan Mobil Relatif Sama Dengan Tahun Lalu
ILUSTRASI. Toyota All New Avanza produksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia siap diekspor melalui pelabuhan di Jakarta Utara.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penjualan mobil PT Astra International Tbk (ASII) berhasil tumbuh. ASII mencatatkan volume penjualan mobil sebanyak 50.755 unit sepanjang Januari 2023. Bila dibandingkan dengan penjualan di Januari 2022 atau secara year-on-year (yoy), penjualan mobil ASII berhasil naik 14,6%, dimana penjualan pada periode tersebut hanya 44.308 unit.

Head of Investor Relations ASII Tira Ardianti mengatakan, kenaikan penjualan mobil ASII tidak terlepas dari situasi ekonomi yang semakin membaik sejak dilonggarkannya pembatasan-pembatasan Covid-19. Sehingga, tren penjualan kendaraan yang semakin membaik mulai terlihat. “Namun masih terlalu dini untuk menyimpulkan tren ke depannya karena ini masih awal tahun. Biasanya butuh waktu 2 hingga 3 bulan untuk bisa menilai katalis utama penjualan tersebut,” kata Tira kepada Kontan.co.id, Selasa (14/2).

Tira memperkirakan, penjualan mobil tahun ini akan relatif sama dengan tahun 2022 lalu, mengingat proyeksi ekonomi Indonesia di tahun ini akan mirip dengan tahun lalu. Sisi suplai global dan ekonomi global yang masih belum pasti menjadi pertimbangan juga dalam menentukan target penjualan.

Baca Juga: Penjualan Mobil Astra International (ASII) Tumbuh, Cermati Rekomendasi Analis

Kata Tira, target penjualan ini akan dicermati dari waktu ke waktu, menyesuaikan dengan situasi yang berkembang. Semakin membaiknya situasi Indonesia pasca lockdown Covid-19 diharapkan akan terus berlanjut, sehingga kegiatan ekonomi terus bergulir dan hal ini dapat menjadi katalis positif bagi dunia bisnis termasuk otomotif.

Sebagai gambaran, penjualan mobil ASII tahun lalu mencapai 574.198 unit. Realisasi ini berhasil tumbuh 17,37% dibandingkan dengan realisasi penjualan tahun sebelumnya sebanyak 489.209 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×