kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,88   -1,43   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.42%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Asia Vision Network, anak usaha MNC Group bersiap IPO di Nasdaq Agustus 2021


Selasa, 15 Juni 2021 / 20:06 WIB
Asia Vision Network, anak usaha MNC Group bersiap IPO di Nasdaq Agustus 2021
ILUSTRASI. Asia Vision Network, anak usaha MNC Group bersiap IPO di Nasdaq Agustus 2021

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Asia Vision Network (AVN), anak usaha PT MNC Vision Network Tbk (IPTV) akan melantai di Nasdaq, pasar modal Amerika Serikat. AVN bersiap menggelar penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO) pada bulan Agustus mendatang.

Rencana itu terungkap dalam public expose PT MNC Investama Tbk (BHIT), induk bisnis MNC Group. Direktur Utama MNC Investama, Darma Putra menyampaikan, pada pekan lalu pihaknya telah menyampaikan dokumen yang diperlukan untuk menggelar IPO. 

Jika tidak ada halangan, dalam satu atau dua bulan ke depan, AVN akan melantai di Nasdaq. "Mungkin di Agustus semuanya akan selesai. Kalau nggak ada halangan saya yakin Agustus sudah bisa resmi tercatat di Nasdaq" kata Darma dalam public expose yang digelar secara virtual, Selasa (15/6).

Asal tahu saja, AVN masuk ke bursa saham AS melalui merger dengan Malacca Straits Acquisition Company Limited. Dalam keterbukaan informasi perusahaan, pada Maret 2021 lalu, AVN bersama Malacca Straits Acquisition mengumumkan telah menandatangani perjanjian definitif kombinasi bisnis.

Transaksi tersebut mengimplikasikan pro-forma nilai perusahaan sebesar US$ 573 juta.  Dari tinjauan transaksi kombinasi bisnis tersebut, AVN bergabung dengan Malacca Straits dengan maksud untuk melakukan listing di Nasdaq.

Kombinasi bisnis tersebut akan menghasilkan sekitar US$ 135 juta ke neraca AVN, dengan asumsi bahwa tidak ada redemption oleh pemegang saham publik Malacca Straits atau penyesuaian harga pembelian. Setelah kombinasi bisnis ini, saham dan waran AVN akan tercatat pada Nasdaq.

MNC Group akan melakukan roll-over 100% ekuitasnya di AVN, dan akan menerima tambahan saham AVN sehubungan dengan merger ini. Jika digabungkan dengan saham existing, IPTV akan memiliki jumlah saham yang mencerminkan nilai perusahaan pre-money AVN sebesar US$ 530 juta, nilai ini tunduk terhadap penyesuaian harga pembelian tertentu dan kewajiban ganti rugi dan terhadap nilai redemption saham Malacca Straits, jika ada.

Sebagai informasi, AVN sendiri merupakan anak dari MNC Vision Networks (IPTV) yang menjadi perusahaan induk dari Vision+ yang bergerak di bisnis media Over-The-Top (OTT) dan MNC Play yang merupakan operator broadband dan Fiber Optik TV Kabel Berlangganan terbesar ke-3 di Indonesia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×