kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aset Saham Menjadi Pilihan Investasi Menarik di Tahun Politik


Jumat, 05 Januari 2024 / 06:30 WIB
Aset Saham Menjadi Pilihan Investasi Menarik di Tahun Politik
ILUSTRASI. Analis menilai, instrumen ekuitas (saham) masih menjadi pilihan menarik untuk investasi di tahun politik.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Analis menilai, instrumen ekuitas (saham) masih menjadi pilihan menarik untuk investasi di tahun politik.

Head of Equities Investment Berdikari Manajemen Investasi, Agung Ramadoni menilai, pasar akan cenderung lebih dinamis di tahun politik. Sebab, pelaku pasar akan terus memonitor dan mengalkulasi hasil pemilu,salah satunya terkait akan kebijakan yang sudah berjalan dan nasibnya ke depan, terutama terkait perekonomian.

Di tahun pemilu kali ini, Agung lebih menyarankan untuk tetap mempertahankan posisi pada aset berisiko seperti saham. Sebab, Agung menilai masih adanya ekspektasi sentimen positif dari kebijakan bank sentral yang diperkirakan akan memangkas suku bunga pada tahun ini.

“Dan harapan pemilu berjalan dengan lancar, begitu pun presiden yang terpilih, yakni yang pro-pasar,” terang Agung kepada Kontan.co.id, Rabu (3/1).

Dus, rekomendasi strategi alokasi aset dari Agung untuk tahun ini yakni 60% untuk instrumen ekuitas dan 40% untuk pendapatan tetap atawa fixed income dan pasar uang alias money market.

Baca Juga: Tengok Prediksi IHSG dan Saham-Saham Pilihan Analis untuk Jumat (5/1)

Senada, Kepala Riset BCA Sekuritas Christopher Andre Benas menilai, investor bisa mempertimbangkan untuk memasukkan portofolionya ke instrumen saham. Sebab, Andre melihat kondisi pasar yang cenderung pricing in terhadap kebijakan pemangkasan suku bunga acuan.

Rate cut sangat baik untuk saham, jadi semestinya porsi saham tetap equal, yakni 50%,” terang Andre kepada Kontan.co.id, Kamis (4/1).

Kemudian, investor bisa memasukkan ke instrumen surat utang (bonds) sebesar 30%. Instrumen obligasi dinilai bisa berkinerja apik sejalan dengan pemangkasan suku bunga. Sisanya bisa ditujukan ke instrumen money market (pasar uang) sebesar 20%.

Baca Juga: Rekomendasi Teknikal Saham KIJA, PTBA, dan TKIM pada Perdagangan Hari Ini

Di sisi lain, Investment Consultant Reliance Sekuritas Indonesia Reza Priyambada cenderung menyarankan portofolio yang berimbang tahun ini. Reza menyarankan portofolio saham sebanyak 30%, obligasi (dengan rating minimal BBB) sebanyak 25%, reksadana saham sebanyak 10%, reksadana campuran sebanyak 10%, dan reksadana pendapatan tetap sebanyak 10% dari total portofolio. Sebanyak 15% dana bisa ditempatkan di reksadana pasar uang yang bisa dicairkan sewaktu-waktu atau bisa berbentuk uang kas.

Reza juga menilai, pasar akan cenderung diwarnai sentimen yang bervariasi tahun ini, mulai dari sentimen pemilu, rilis laporan keuangan periode 2023, data-data makroekonomi global, hingga pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar.

Sentimen pasar juga akan diwarnai dengan pemilihan saham-saham yang berkaitan dengan kandidat yang nantinya terpilih. “Lebih tepatnya kita menyesuaikan dengan sentimen yang ada,” terang Reza kepada Kontan.co.id, Kamis (4/1).

Dus, investor bisa memperhatikan saham-saham yang punya korelasi dengan pasangan-pasangan Capres dan Cawapres semisal  PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP), PT WIR Asia Tbk (WIRG), PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR),  PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA), hingga PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL).

Baca Juga: IHSG Berpotensi Menguat Lagi, Simak Rekomendasi Saham untuk Hari Ini, Jumat (5/1)

Proyeksi Agung, IHSG di akhir tahun ini akan berada di kisaran 7.869. Katalis utama indeks berasal dari kebijakan pemangkasan suku bunga dari bank sentral lebih awal dibanding yang diperkirakan oleh pasar, hingga perbaikan ekonomi di China dan Kawasan Eropa.

Menurut Agung, saham sektor media seperti PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) dan PT Surya Citra Media Tbk  (SCMA) juga akan diuntungkan dari gelaran pemilu. Selain itu, saham dari sektor barang konsumsi dan rokok seperti PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk  (ICBP), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) juga akan terimbas katalis pemilu.

Tak ketinggalan, saham telekomunikasi seperti TLKM dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) juga akan diuntungkan dari gelaran pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×