kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.095   -25,00   -0,16%
  • IDX 7.108   -49,86   -0,70%
  • KOMPAS100 1.064   -9,05   -0,84%
  • LQ45 834   -8,40   -1,00%
  • ISSI 216   -2,01   -0,92%
  • IDX30 426   -3,80   -0,88%
  • IDXHIDIV20 514   -4,38   -0,84%
  • IDX80 121   -1,10   -0,90%
  • IDXV30 127   -0,23   -0,18%
  • IDXQ30 142   -1,29   -0,90%

ARPU Bertumbuh, Pendapatan XL Axiata (EXCL) Tumbuh 12% pada Semester I-2023


Jumat, 28 Juli 2023 / 09:11 WIB
ARPU Bertumbuh, Pendapatan XL Axiata (EXCL) Tumbuh 12% pada Semester I-2023
ILUSTRASI. Pendapatan EXCL tumbuh 12% pada semester I-2023.KONTAN/Cheppy A. Muchlis.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mampu mempertahankan pertumbuhan kinerja sepanjang paruh pertama 2023. Pendapatan EXCL tumbuh 12% pada semester I-2023.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan pencapaian di semester satu tahun ini, merupakan hasil dari upaya EXCL di semua aspek bisnis untuk merebut pasar.  

"XL Axiata kembali berhasil mencatat kinerja yang solid untuk semester I-2023. Hal ini merupakan hasil dari upaya maksimal kami di semua aspek bisnis," tutur dia dalam keterangannya, Jumat (28/7). 

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Cetak Laba Bersih Rp 650 Miliar pada Semester I-2023

Mengacu laporan keuangan per 30 Juni 2023, pendapatan EXCL naik 12% secara tahunan atau Year on Year (YoY) menjadi Rp 15,76 triliun dari Rp 14,07 triliun. 

Dari sisi bottom line laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk EXCL tumbuh 5,81% YoY menjadi Rp 650,68 miliar dari laba bersih di semester I-2022 senilai Rp 614,91 miliar. 

Sementara total pelanggan EXCL per Juni 2023 mencapai 58 juta, dengan pencapaian blended ARPU (average revenue per user) sebesar Rp 41.000. Nilai ARPU tersebut meningkat dari Rp 38.000. 

"Meningkatnya blended ARPU ini tentunya searah dengan fokus perusahaan untuk meraih dan mempertahankan pelanggan yang produktif," kata Dian. 

Dia menyebut salah satu kunci pertumbuhan XL Axiata ialah personalisasi penawaran dan layanan kepada pelanggan. Strategi ini terus diterapkan EXCL di sepanjang enam bulan pertama di 2023. 

Baca Juga: XL Axiata (EXCL) Gandeng VIDA Hadirkan Layanan Tanda Tangan Digital

Hasilnya, data net promoter score (NPS) terus meningkat secara signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan pada akhirnya juga membantu meningkatkan pendapatan.

Hingga akhir Juni 2023, total jumlah BTS XL Axiata mencapai 150.261 BTS (2G & 4G), dengan jumlah BTS 4G sebanyak 97.125 unit. Jumlah BTS 4G ini meningkat 9,8% secara tahunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×