kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Aplikasi Dinaran.id, tabungan emas yang bisa dicairkan melalui seluruh ATM


Sabtu, 23 Mei 2020 / 09:18 WIB
Aplikasi Dinaran.id, tabungan emas yang bisa dicairkan melalui seluruh ATM
ILUSTRASI. Kartu Debit Dinaran

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Satu lagi, aplikasi investasi logam mulia kembali muncul. Kali ini bernama Dinaran.id pada 20 Mei 2020, menariknya konsultan bisnis bernama Mardigu mempromosikan aplikasi yang jargon program bebas inflasi.

Mardigu dalam akun facebooknya menerangkan bahwa dengan membuka rekening Dinaran maka nasabah bisa menarik tunai di semua ATM dan berbelanja menggunakan mesin EDC di seluruh Indonesia. "Kelebihan Dinaran, rupiah Anda bernilai emas. Rupiah Anda kini bebas inflasi," ujar Mardigu.

Baca Juga: Harga emas 24 karat Antam turun Rp 10.000 (22/5), ini potensi untung rugi

Namun di kolom komentar Facebook Mardigu banyak pertanyaan. Misalnya Reza menanyakan apakah ini XAU/IDR? atau seperti Forex? Grafiknya seharusnya candlestick jadi bisa tahu dan analisa kapan waktu yang tepat untuk membeli, emas fisik dimana? apakah bisa dijadikan alat pembayaran?

Lalu ada akun facebook Sofian Sauri juga menanyakan sudah mendapat izin OJK dan ada jaminan dari LPS belum nih? Kemudian ada Hananto DW berpendapat selama tidak pegang emas fisik cuma kartu doang, ya sama saja.

Mengutip di situs Dinaran.id, aplikasi ini soft launching pada 20 Mei 2020. Aplikasi dibawah  PT. Ciptalintang Aji Dana berkantor di STC Senayan.

Dalam keterangannya, bahwa Dinaran.id sebuah aplikasi karya anak bangsa untuk transaksi jual beli emas secara digital yang terkoneksi dengan sistem Gerbang Pembayaran Nasional dengan mengedepankan kekuatan rupiah.

Dimana pada saat Anda memiliki akun dinaran, maka “setiap rupiah Anda ada emas senilai uang Anda”. Karena memang setiap rupiah yang Anda transaksikan adalah untuk membeli emas.

Setiap Anda bertransaksi tarik tunai di semua ATM maupun berbelanja di merchant yang tergabung dalam jaringan GPN melalui mesin EDC, artinya Anda menjual emas. Setiap hari aset emas Anda akan mengalami naik turun sesuai dengan naik turunnya harga emas dunia.

Baca Juga: Jelang sore, harga emas spot nangkring di US$ 1.736 per ons troi

"Bersama DINARAN, Rupiah Anda kini memiliki underlying Emas," tulis dalam situs itu.

Ada tiga fitus yang ditawarkan yakni beli emas, jual emas, dan beri emas. Adapun harga emas hari ini jika nasabah membeli emas di Dinaran.id sebesar Rp 955.000 per gram sedangkan jual kembali Rp 910.000 per gram.

Soal harga ini coba Kontan.co.id lihat di situs e-commerce yang juga menjual emas atau nabung emas. Ambil contoh di Tokopedia, untuk harga emas Sabtu, 23 Mei 2020 harga beli Rp 852.000 per gram, sedangkan harga jual kembali Rp 813.610 per gram.

Kontan.co.id sudah menghubungi manajemen Dinaran.id namun sampai sekarang belum terjawab soal jual-beli emas dan kartu yang bisa menarik tunai uang di ATM.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×