kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Aneka Tambang (ANTM) gandeng OENI garap proyek senilai US$ 320 juta


Kamis, 11 Oktober 2018 / 16:19 WIB
Aneka Tambang (ANTM) gandeng OENI garap proyek senilai US$ 320 juta
ILUSTRASI. Pabrik Feronikel Antam

Berita Terkait

Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kegiatan IMF World bank Annual Meetings 2018 membawa berkah. Acara yang di selenggarakan di Nusa Dua, Bali itu turut mendatangkan kerjasama investasi proyek.

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) misalnya. Emiten pelat merah tersebut telah menandatangani Head of Agreement HoA) proyek pabrik nickel pig iron (NPI) blast furnace Halmahera Timur dengan Ocean Energy Nickel International Pte Ltd (OENI).


Nilai proyek itu sebesar US$ 320 juta. ANTM memperoleh porsi kepemilikan 30%. Sedang OENI sebesar 70%.

"Namun, kami memiliki opsi pembelian saham menjadi mayoritas setelah lima tahun operasi," ujar Direktur Utama ANTM Arie Prabowo Ariotedjo, Kamis (11/10).

Dalam proyek tersebut, ANTM bakal menjamin ketersediaan bijih nikel. Sementara OENI menjadi pihak yang bertanggung jawab soal pendanaan dan penyelesaian konstruksi tepat waktu.

Proyek NPI blast furnace itu memiliki kapasitas produksi 30.000 ton nikel yang terdiri dari delapan lini produksi. Dua lini produksi pertama diharapkan bisa mulai berproduksi pada kuartal IV 2020. Sedang operasi secara penuh ditargetkan mulai 2023.

Arie menambahkan, proyek NPI blast furnance merupakan salah satu langkah penting dalam meningkatkan nilai tambah komoditas yang dikelola ANTM. "Proyek ini akan menambah total produksi nikel tahunan ANTM sehingga diharapkan turut mendongkrak kinerja," pungkasnya.




TERBARU

Close [X]
×