kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.606.000   -1.000   -0,06%
  • USD/IDR 16.265   -85,00   -0,53%
  • IDX 7.073   -92,58   -1,29%
  • KOMPAS100 1.039   -16,65   -1,58%
  • LQ45 818   -13,93   -1,67%
  • ISSI 212   -2,57   -1,20%
  • IDX30 421   -5,97   -1,40%
  • IDXHIDIV20 506   -5,92   -1,16%
  • IDX80 118   -2,08   -1,73%
  • IDXV30 121   -1,72   -1,40%
  • IDXQ30 139   -1,80   -1,29%

Andalkan Pelanggan First Media, XL Axiata (EXCL) Genjot Lini Bisnis Internet Rumahan


Kamis, 07 November 2024 / 14:54 WIB
Andalkan Pelanggan First Media, XL Axiata (EXCL) Genjot Lini Bisnis Internet Rumahan
ILUSTRASI. Pekerja memainkan gawai saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) XL Axiata di Jakarta,. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah persaingan industri telekomunikasi yang sedang ketat, PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus menggali sumber pendapatan baru untuk menopang pertumbuhan kinerja salah satunya internet rumahan. 

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini menyampaikan selama sembilan bulan pertama di 2024, situasi dan kondisi industri telekomunikasi sangat menantang karena kompetisi sedang berlangsung ketat.  

Dia bilang tantangan ke depan tentunya tidak akan lebih ringan, terutama kondisi ekonomi Indonesia yang masih akan terpengaruh oleh kondisi geopolitik dunia, serta tingkat daya beli masyarakat yang masih lemah.

"Namun berbagai inisiatif akan terus XL Axiata lakukan untuk mendapatkan sumber pendapatan baru yang bisa diandalkan di masa mendatang," jelas Dian dalam keterangannya, Kamis (7/11).

Baca Juga: Tumbuh Double Digit, XL Axiata (EXCL) Kantongi Laba Bersih Rp 1,31 Triliun

Salah satunya, melalui layanan internet rumah. Untuk itu, EXCL terus mendorong dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis layanan internet rumah Fixed Broadband (FBB). 

Apalagi XL Axiata juga telah mengakuisisi 750 ribu pelanggan First Media milik  PT Link Net Tbk (LINK). Dus, saat ini memiliki pelanggan FBB secara keseluruhan mencapai lebih dari 1 juta pelanggan.

"Tambahan pelanggan itu, menjadikan sebagai penyedia layanan Internet kedua terbesar di Indonesia, dengan cakupan jaringan FBB sebanyak 6 juta home passed yang tersebar di lebih dari 127 kota," kata Dian. 

 

Asal tau saja, per September 2024,  EXCL meraup pendapatan sebesar Rp 25,36 triliun hingga kuartal III-2024. Raihan tersebut meningkat 6,26% secara tahunan atau Year on Year (YoY) dari Rp 23,86 triliun. 

Dari sisi bottom line, laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk EXCL mencapai Rp 1,31 triliun per September 2024 atau melonjak 31,67% secara tahunan dari Rp 999,99 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×