kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis sarankan beli saham SOCI, ini alasannya


Kamis, 30 Maret 2017 / 17:49 WIB
Analis sarankan beli saham SOCI, ini alasannya


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Usai meluncurkan dermaga apung dan akan beroperasi pada semester II, kinerja PT Soechi Lines Tbk (SOCI) diproyeksi akan semakin membaik. Sahamnya pun layak untuk dilirik.

Thennesia Debora, Analis BNI Sekuritaa mengatakan kinerja SOCI tahun ini bakal positif. Beberapa galangan kapal yang dibangun juga sudah dirilis. Dan ke depannya bisa mengambil kembali proyek kapal lainnya.

Ke depannya, manajemen akan fokus pada maintenance kapal yang masuk ke galangan kapalnya. Meski pembangunan kapal baru memiliki margin yang besar tetapi jangka waktu penggarapannya lama sehingga keuntungannya tidak bisa secara intens.

"Kalau dengan maintenance kan perputaran marginnya akan lebih cepat. Positif bagi perusahaan. Dan tidak menutup kemungkinan dia tetap membangun kapal lagi," kata Thennesia.

Kinerja SOCI yang positif juga didukung dengan permintaan minyak yang masih akan terus ada. Apalagi kapal-kapal SOCI mayoritas sudah memiliki kontrak. Khususnya lagi dengan Pertamina.

Pertamina sendiri baru saja bekerjasama dengan Aramco untuk refining development masterplan di Cilacap. Thennesia yakin SOCI akan kecipratan permintaan kapal dari proyek ini.

Proyeksi Thennesia, tahun ini SOCI bisa meraup pendapatan US$ 152 juta. Sedangkan untuk net income di kisaran USD 39 juta.

SOCI nyaris tak punya penghambat kinerja tahun ini. Kalaupun ada sifatnya dari eksternal perusahaan yaitu soal pergerakan harga minyak.

"Meski harga minyak turun naik, jasa SOCI masih tetap dipakai. Hanya saja akan menekan ke harga jasanya. Tapi, pengaruhnya pada kinerja tidak terlalu besar," ujar Thennesia.

Thennesia melihat harga saham SOCi memang sudah sempat naik kencang setelah stagnan bahkan turun. Namun, dengan sentimen positifnya Thennesia menyarankan Beli saham SOCI dengan target harga Rp 485 per lembar saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×