kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Analis melihat pemilu tahun ini menjadi berkah bagi saham TLKM


Rabu, 09 Januari 2019 / 20:27 WIB

Analis melihat pemilu tahun ini menjadi berkah bagi saham TLKM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Analis Ciptadana Sekuritas Gani mengatakan, prospek saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) masih positif sampai tahun depan. Hal ini dilihat dari data trafik dan masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan paket data untuk internet.

“Peluang untuk tumbuh dari segi trafik sangat terbuka lebar. Kalaupun ada perang harga antar emiten telekomunikasi, data trafik TLKM tetap naik,” kata Gani kepada kontan.co.id, Rabu (9/1).

Berbeda dengan emiten telekomunikasi lain, Gani menilai jaringan data TLKM sangat kuat. Bahkan untuk luar pulau Jawa, jaringan data TLKM kuat 80% dibanding emiten lain. Ia juga melihat setelah registrasi SIM diberlakukan TLKM, emiten ini menggunakan analitik data besar untuk memahami demografi dan perilaku pelanggannya.

“Terlihat bahwa TLKM ingin memantau dinamika harga di setiap kota dan memberlakukan mekanisme penetapan harga cluster base yang membedakan tarif data di 12 zona jangkauannya,” pungkasnya.

Akan tetapi, Gani menyarankan untuk TLKM berhati-hati terhadap kompetitornya. Pasalnya salah satu kompetitornya, yakni EXCL belakangan ini agresif dalam melakukan ekspansi ke luar pulau Jawa. Tak hanya agresif, melainkan dalam hal penetapan harga paket data pun lebih murah.

Kendati demikian, Gani pun masih merekomendasikan beli saham TLKM dengan target harga Rp 4.600 per saham. 


Reporter: Jane Aprilyani
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×