kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: IHSG melangkah ke area jenuh beli


Rabu, 04 Juli 2012 / 08:07 WIB
Analis: IHSG melangkah ke area jenuh beli
ILUSTRASI. Tenaga kesehatan melakukan perawatan terhadap pasien Covid-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat,


Reporter: Dyah Ayu Kusumaningtyas |

JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang melanjutkan reli pada perdagangan saham, hari ini (4/7). Analis saham PT Infovesta Utama Praska Putrantyo menuturkan, berlanjutnya penguatan bursa Walll Street di Amerika Serikat (AS) semalam kemungkinan akan menjadi salah satu katalis positif bagi gerakan indeks.

Kata Praska, melonjaknya bursa Wall Street semalam merupakan euforia menjelang hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS). Selain itu, rebound bursa AS tengah terjadi setelah data factory orders bulan Mei naik 0,7% di atas ekspektasi analis yang hanya 0,4% .Kenaikan bursa AS didukung reli pada saham-saham sektor energi setelah harga minyak mentah jenis light sweet kembali melambung ke level US$ 87 per barel.

"Melambungnya harga minyak tersulut kekhawatiran investor pada ketegangan antara Iran dengan dunia Barat mengenai masalah nuklir yang belum tuntas," jelas Praska, kepada KONTAN, Rabu (4/7).

Oleh karena itu, Praska masih optimistis penguatan saham domestik berlanjut. Untuk perdagangan hari ini dia memperkirakan IHSG akan bergerak menguat di kisaran 4017-4085.

Walau begitu Praska mengingatkan investor untuk tetap waspada terhadap potensi profit taking dalam jangka pendek karena IHSG sudah menguat tiga hari berturut-turut. "Secara teknikal, IHSG mulai memasuki area jenuh beli (overbought) yang terlihat pada indikator Williams %R dan Commodity Channel Index (CCI) yang sudah bergerak di zona overbought, dan posisi IHSG yang menembus upper band (batas atas) indikator Bollinger," urainya.

Praska merekomendasikan saham-saham dari sektor perbankan, sektor energi, perbankan dan perkebunan. "Anda bisa beli untuk saham seperti BBNI, BBRI, LSIP, AALI, ASRI, dan PGAS," sarannya

Sementara Bertoni Rio, Analis Anugerah Securindo Indah menyarankan investor melakukan aksi beli saat pembukaan nanti. "Jika pemodal sudah mendapatkan keuntungan yang diharapkan, sebaiknya segera jual," ujarnya.

Rio juga melihat peluang kenaikan pada IHSG di range 4.008-4.048 dan dia merekomendasikan saham-saham seperti AALI, SGRO, ISIP, ROTI, AISA, PGAS, TLKM, JSMR, yang merupakan saham-saham pilihan dari sektor perkebunan, pertambangan dan infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×