kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS934.000 -1,06%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Analis: IHSG masih berpeluang menguat besok


Rabu, 04 September 2019 / 18:19 WIB
Analis: IHSG masih berpeluang menguat besok
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia

Reporter: Irene Sugiharti | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya ditutup menguat tipis sebesar 0,13% ke level 6.269,66 pada perdagangan Rabu (4/9) meskipun sempat terseok di bawah garis merah sepanjang hari ini. Transaksi asing masih didominasi oleh aksi jual yang mencapai nilai Rp 843,87 miliar dengan saham TLKM, BBRI dan UNTR yang paling banyak diakumulasikan oleh asing.

Analis Bina Artha Sekuritas Muhammad Nafan Aji mengatakan IHSG dipengaruhi oleh sentimen data Service PMI di beberapa negara yang positif, juga didukung oleh stabilitas makroekonomi domestik.

“Para pelaku pasar merespon positif berbagai data Services PMI negara-negara di kawasan Uni Eropa yang rata-rata positif. Di sisi lain, stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan juga turut mendukung penguatan indeks,” Tutur Nafan, Rabu (4/9).

Baca Juga: IHSG menguat tipis pada awal perdagangan Rabu (4/9)

Selain itu, analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony melihat pada perdagangan hari ini pergerakan positif IHSG hari ini dipengaruhi juga oleh faktor menguatnya harga batubara dan logam serta adanya isu bahwa The Fed akan menurunkan kembali suku bunga acuan sebesar 50 basis point.

Pada perdagangan esok Chris melihat sentimen penguatan harga batubara dan logam masih akan menjadi sentimen yang mempengaruhi kinerja IHSG. 

Sementara Nafan melihat, pada perdagangan esok hari IHSG akan dipengaruhi oleh data IKK yang dinantikan oleh para pelaku pasar. 

Baca Juga: Meski asing masih net sell, IHSG naik tipis ke 6.264 pada pukul 14.00 WIB

Nafan menilai, jika hasil data IKK sesuai dan di atas ekspektasi maka akan memberikan katalis positif bagi IHSG. Di sisi lain, IHSG masih sepi sentimen dari faktor domestik.

Chris memprediksikan pada perdagangan esok hari IHSG masih akan melanjutkan penguatan dan berada dalam kisaran 6.250-6.320 dengan rekomendasi saham yang layak diakumulasikan di antaranya saham ADRO, ANTM dan BBCA.

Adapun Nafan Aji juga melihat pada perdagangan esok hari IHSG masih akan melanjutkan penguatan dengan support berada di level 6.153-6.214 sementara resistance berada di dalam kisaran 6.310-6.340. 

Pada perdagangan esok Nafan merekomendasikan untuk mengakumulasikan saham ADHI, BBNI, BMRI, ELSA, WEGE, WTON dengan akumulasi beli.


Tag


TERBARU
Terpopuler

Close [X]
×