kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha tidak bayar kupon jatuh tempo, Modernland Realty (MDLN) kena suspensi


Kamis, 01 Oktober 2020 / 10:06 WIB
Anak usaha tidak bayar kupon jatuh tempo, Modernland Realty (MDLN) kena suspensi
ILUSTRASI. Perumahan yang dikembangkan Modernland Realty


Reporter: Kenia Intan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan melakukan penghentian sementara (suspensi) perdagangan saham PT Modernland Realty Tbk (MDLN) dan obligasi Modernland (MDLN01BCN1).

Suspensi dilakukan di seluruh pasar  sejak sesi II perdagangan efek tanggal 30 September 2020 hingga pengumuman bursa lebih lanjut.

Mengutip dari pengumuman, Rabu (30/9), BEI melakukan suspensi karena anak perusahaan Modernland Realty,  JGC Ventures Pte. Ltd., tidak melakukan pembayaran kupon atas Guaranteed Senior Notes due 2021 yang telah jatuh tempo. Padahal, Modernland Realty bertindak sebagai parent guarantor.

Dalam pengumuman tersebut juga dijelaskan,  Modernland Realty  berencana untuk mengajukan permohonan moratorium terhadap JGC Ventures Pte. Ltd., MDLN Holdings Pte. Ltd., dan perseroan, serta mengajukan permohonan restrukturisasi notes di pengadilan Singapura. 

Baca Juga: Saham Alfa Energi Investama (FIRE) dalam pengawasan BEI

" Hal tersebut mengindikasikan adanya keraguan atas kelangsungan usaha perseroan," jelas Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 2 Vera Florida dan Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan Irvan Susandy dalam pengumuman, Rabu (30/9). 

Sekadar informasi, mengutip keterbukaan informasinya, JGC Ventures Pte. Ltd. menerbitkan Notes yang terdaftar di Singapore Stock Exchange senilai US$ 150 juta.  Adapun pembayaran kupon terdekat yang belum dibayarkan adalah 31 Agustus 2020. Sebenarnya, sumber utama pembayaran kembali notes tersebut berasal dari kegiatan usaha perusahaan dan anak-anak usahanya. 

" Dikarenakan pandemi Covid-19 di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya, menyebabkan bisnis perseroan dan anak-anak perusahaan terdampak dan akan menyebabkan JGC Ventures Pte.Ltd tidak dapat membayarkan kupon yang jatuh tempo pada tanggal 31 Agustus 2020," jelas manajemen Modernland Realty dalam keterbukaan informasi, Rabu (30/9). 

Sekadar informasi, sebelum kena suspensi harga saham MDLN ditutup di harga Rp 51. Harga tersebut sudah menurun hingga 76,17% sejak awal tahun 2020.

Selanjutnya: Modernland (MDLN) ajukan permohonan restrukturisasi obligasi US$ 150 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×