kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,32   4,77   0.62%
  • EMAS1.023.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alfa X, inovasi baru Alfamart (AMRT) merespons bisnis zaman now


Senin, 29 Juni 2020 / 19:56 WIB
Alfa X, inovasi baru Alfamart (AMRT) merespons bisnis zaman now
ILUSTRASI. Alfamart bikin Coworking

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) terus berinovasi dan menghadirkan brand baru agar tidak tergerus zaman. Pada akhir tahun 2019 lalu Alfamart membuka toko dengan konsep milenial bernama Alfa X.

Toko Alfa X ini menyediakan coworking, hiburan, dan sekadar kongkow. Saat ini Alfa X baru ada di S Parman Grogol (Universitas Tarumanegara), Alfa X Arjuna Kebon Jeruk (Universitas Binus), dan Alfa X Akses UI Depok (Universitas Indonesia).

Baca Juga: Mau kongkow dan kerja di Alfa X Coworking? Ini biaya sewa 2 jam di sana...

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan perkembangan riteler sudah semakin pesat termasuk soal persaingan. Masih ingat dalam benak masyarakat terutama kaum milenial akan toko Sevel yang kini tak lagi beroperasi.

"Waktu itu, orang beli hanya minuman tetapi nongkrongnya kelamaan," kata dia, kepada KONTAN.co.id, Senin (29/6).

Belajar dari itu, Solihin tak ingin Alfa X bernasib sama. Maka, konsep yang dihadirkan oleh Alfa X adalah berbayar. "Kalau mau kesana harus pesan dulu ruangan, tapi terjangkau hanya Rp 500.000 untuk lima orang, itu paket sudah dapat makan dan minum," imbuh dia.

Dia juga mengingatkan bahwa di Alfa X tidak ada produk yang dijual di Alfamart. "Gak ada beras di sana, jadi ready to eat dan ready to drink," ucap Solihin sambil tertawa.

Adapun luas dari Alfa X sekitar 400 meter persegi dengan beberapa ruang coworking dengan kapasitas 5 sampai 10 orang.

Solihin mengatakan, karena masih fase New Normal maka Alfa X masih menjalankan protokol pencegahan Covid-9 atau hanya bisa 50% dari kapasitas. Sehingga terlihat memang untuk Alfa X bisnisnya masih melihat kondisi dari pandemi ini.

Meski begitu, dia optimistis bahwa konsep baru dari Alfa X ini akan diterima oleh pelanggan. Sebab, lokasi dan tata letak ruangan dari Alfa X sangat cocok untuk tempat berkumpul, mengerjakan tugas kuliah, sekaligus menikmati hiburan.

Baca Juga: Netizen heboh liat Alfamart rilis Alfa X dengan konsep coworking dan bisa ngeband

Namun konsep Alfa X ini tidak untuk diwaralabakan. AMRT masih akan berinvestasi sendiri dan terus melakukan evaluasi atas bisnis barunya ini. "Kami sendiri investasi, tapi memang investasinya lebih besar dari bangun toko Alfamart," kata dia.

Dia berharap dengan konsep baru dari Alfa X ini akan bisa diterima para milenial. "Saat ini kami baru ada tiga toko, tetapi tidak menutup kemungkinan akan tambah. Memang untuk lokasi tidak mudah mencarinya," ujar dia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×