kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alfa Energi Investama (FIRE) siapkan dana Rp 5 miliar untuk buyback


Kamis, 12 Maret 2020 / 14:38 WIB
Alfa Energi Investama (FIRE) siapkan dana Rp 5 miliar untuk buyback
ILUSTRASI. Saham Alfa Energi Investama Tbk siap di perdagangkan


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE) menambah deretan emiten swasta yang bakal melakukan pembelian kembali (buyback) saham. Ini dilakukan untuk menjaga kewajaran harga saham FIRE. 

Alfa Energi menyediakan dana sebanyak-banyaknya sebesar Rp 5 miliar untuk buyback hingga harga maksimum sesuai peraturan yang berlaku. Sehingga jumlah nominal saham yang akan dibeli akan tergantung pada harga saham di bursa. 

Sekretaris Perusahaan Alfa Energi Investama Lyna menambahkan, biaya yang akan dikeluarkan untuk pelaksanaan buyback adalah biaya pembayaran fee atas perantara pedagang efek yang mana besarnya adalah maksimal 0,25% dari setiap transaksi beli. 

"Pelaksanaan buyback akan diselesaikan dalam waktu tiga bulan setelah tanggal surat keterbukaan informasi ini," tulis Lyna dalam keterbukaan informasi yang dikutip Kontan.co.id, Kamis (12/3). 

Baca Juga: Alfa Energi Investama (FIRE) sanggup jual batubara 1,8 Juta ton di tahun lalu

FIRE memperkirakan tidak ada dampak menurunnya pendapatan akibat dari pelaksanaan buyback. Sedangkan dampak buyback atas pembiayaan tergolong kecil. 

"Dikarenakan tidak ada dampak menurunnya pendapatan akibat dari pembelian kembali saham, maka tidak ada perubahan atas proforma laba," jelas dia. 

Buyback akan dilakukan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) sehingga transaksi akan dilakukan melalui salah satu anggota bursa efek. 

Perusahaan ini meyakini dengan buyback, harga saham FIRE menjadi lebih stabil. Kestabilan ini akan memberikan nilai positif dan menumbuhkan kepercayaan yang baik bagi para pemegang saham. "Perseroan berharap dengan kestabilan harga saham akan menuju pada nilai yang wajar sehingga harga saham tersebut diharapkan dapat mencerminkan proforma pencapaian kinerja perseroan yang baik hingga saat ini," tulisnya. 

Hingga Kamis (12/3) pukul 14.30 WIB, saham FIRE ada di level Rp 134 per saham. Posisi ini turun 9,46% dibandingkan pembukaan pada pagi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×