kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aksi refinancing dari Grup MNC


Rabu, 05 Juli 2017 / 22:12 WIB
 Aksi refinancing dari Grup MNC


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. MNC Group bakal mengawali paruh waktu kedua tahun ini dengan eksekusi rencana refinancing. Terbaru, PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) yang memperoleh izin efektif Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menggelar rights issue.

Izin efektif diperoleh pada 22 Juni lalu, bersamaan dengan dimulainya cuti bersama Idul Fitri pekan lalu. Dengan diterbitkannya izin efektif ini, MSKY akan melepas sebanyak-banyaknya 1,29 miliar lembar saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham.

Perusahaan mengincar Rp 1,26 triliun melalui aksi korporasi tersebut yang mana sebesar Rp 719 miliar akan digunakan untuk pelunasan utang uang muka setoran modal kepada PT Sky Vision Network (SVN). "Sementara, sisanya akan kami gunakan untuk modal kerja," ujar Direktur Utama MNC Sky Vision Hari Susanto di Jakarta.

Sebelumnya, PT Global Mediacom Tbk (BMTR) berencana merilis instrumen surat utang senilai total Rp 1,5 triliun. Sebagaian besar perolehan dananya akan digunakan untuk refinancing.

PT Media Nusantara citra Tbk (MNCN) juga tengah memproses refinancing utang senilai US$ 150 juta. Utang yang akan di-refinancning itu merupakan bagian dari utang senilai US$ 250 juta yang mana senilai US$ 100 juta akan dilunasi menggunakan kas internal.

Direktur Utama MNCN David Fernando Audy mengatakan, refinancing tersebut, beban bunga perusahaan bisa sedikit berkurang setidaknya sekitar 0,5%. Catatan saja, bunga utang lama MNCN sebesar 3,5% per tahun. Sementara, bunga utang barunya nanti menjadi sekitar 3% per tahun. Tapi ini belum termasuk LIBOR yang dibayarkan setiap tiga bulan.

"Saat ini memang waktu bagi kami untuk melakukan refinancing setelah sebelumnya kami banyak melakukan ekspansi," jelas David.

Beberapa tahun belakangan, MNC Group memang terlihat sibuk memperkuat penetrasi bisnisnya terutama di segmen media. Perusahaan telah mengeluarkan dana mencapai US$ 250 juta untuk ekspnasi, termasuk pembangunan gedung baru yang terdapat di Jakarta dan Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×