Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) menargetkan pertumbuhan kinerja pendapatan dan laba bersih hingga 50% di 2023. Tahun lalu, anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) ini mencetak pendapatan sebesar Rp 592,68 miliar dan laba bersih Rp 105,01 miliar.
Sebagai informasi, pendapatan ADCP tumbuh 5,14% secara tahunan (YoY). Sementara untuk laba bersih turun sebesar 19,44% YoY.
Direktur Utama ADCP Rizky Firman memaparkan, tahun ini perseroan akan berfokus terhadap percepatan penyelesaian pembangunan proyek di Bekasi, Sentul, dan Tangerang. Tak lepas pengembangan tower berikutnya di beberapa proyek yang sudah berjalan juga terus diakselerasi, melihat setiap proyek ADCP memiliki kawasan pengembangan seluas 4-6 Ha, khusus proyek Adhi City Sentul mengembangkan township seluas 120 Ha.
"Pada tahun 2023 ADCP juga akan meluncurkan proyek pengembangan baru yang berlokasi di Cikunir 2 yaitu LRT City Cikunir, yakni hunian berkonsep TOD yang terkoneksi dengan Stasiun LRT Cikuni," lata Rizky kepada Kontan.co.id, Kamis (16/3).
Baca Juga: Laba Bersih Adhi Commuter (ADCP) Pada 2022 Tergerus 19,44%
Selain itu, berbagai peluang kerja sama dengan mitra strategis terus dioptimalisasi di tahun 2023. Firman mencontohkan, kerja sama dengan KAI untuk pengembangan properti di titik stasiun seperti yang sudah dilakukan di salah satu proyek ADCP yakni Cisauk Point.
Juga potensi kerja sama dengan PPD dalam hal pengembangan properti residensial di lahan milik PPD di Ciputat (Terminal Transjakarta) yang juga berkonsep TOD. Selain itu, dalam menyambut operasional LRT di bulan Juli 2023 ini, ADCP juga memantapkan langkah dalam optimalisasi pengembangan komersial area di beberapa proyek LRT City, khususnya di sekitar akses stasiun LRT.
Dengan berbagai rencana tersebut, perseroan memasang target pendapatan dan laba bersih tumbuh hingga 50%. "Proyeksi target pendapatan perseroan meningkat 45%-50% dan laba bersih meningkat lebih dari 40%-50% dari tahun 2022," jelasnya.
Baca Juga: Berkah LRT, Colliers Menilai Properti Dengan Konsep TOD Akan Makin Diminati Pembeli
Untuk marketing sales, Firman menuturkan targetnya juga tumbuh 50% dibandingkan realisasi tahun lalu. Tahun lalu, ADCP memperoleh pra penjualan sebesar Rp 1,2 triliun.
Untuk mengejar target marketing sales, ADCP jug akan berfokus pada optimalisasi perolehan marketing sales atas 12 proyek berkonsep TOD. "Tahun ini menjadi momentum yang tepat, karena LRT Jabodebek fase 1 akan beroperasi secara komersial dan ADCP optimistis ini akan menjadi katalis positif bagi ADCP," pungkas dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News