kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adaro Energy (ADRO) pangkas target produksi, simak rekomendasi sahamnya


Selasa, 18 Agustus 2020 / 16:48 WIB
Adaro Energy (ADRO) pangkas target produksi, simak rekomendasi sahamnya
ILUSTRASI. pertambangan?batubara ADARO Indonesia PT Adaro Energy Tbk ADRO


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adaro Energy Tbk (ADRO) merevisi sejumlah target operasional di tahun ini. Emiten pertambangan batubara tersebut memangkas target produksi, belanja modal atau capital expenditure (capex) dan  EBITDA.

Dalam laporan kuartalan yang dikutip dari laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), ADRO merevisi target produksi untuk tahun 2020 menjadi 52 juta ton - 54 juta ton. Dalam rilis tersebut, Sekretaris Perusahaan Adaro Energy Mahardika Putranto mengatakan, revisi didorong oleh kurang kondusifnya pasar batubara global yang salah satunya diakibatkan oleh pandemi corona (Covid-19).

Baca Juga: Pasar Belum Kondusif, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Mengurangi Capex Jadi US$ 200 Juta

Adapun produksi batubara ADRO sepanjang enam bulan pertama 2020 mencapai 27,29 juta ton atau turun 4% secara year on year (yoy). Penurunan juga terjadi pada volume penjualan batubara yang merosot 6% yoy menjadi 27,13 juta ton.

Analis Danareksa Sekuritas Stefanus Darmagiri mengatakan, seiring dengan volume penjualan dan harga batubara yang lebih rendah, dia memperkirakan pendapatan triwulanan ADRO yang lebih rendah pada kuartal II-2020.

Selain itu, asumsi menurunnya pendapatan ADRO di kuartal kedua disebabkan oleh turunnya volume penjualan batubara sebesar 11,5% quarter-on-quarter (qoq) serta rasio pengupasan atau stripping ratio (SR) yang lebih tinggi di kuartal kedua 2020, yakni sebesar 4,1 kali  (dibandingkan 3,5 kali pada kuartal pertama 2020).

Ditambah, harga batubara yang melemah di kuartal kedua  juga akan membebani pendapatan di kuartal kedua. Meskipun demikian, hal ini akan sedikit dikompensasi oleh kondisi harga minyak mentah yang rendah.

“Kami akan meninjau kembali asumsi penghasilan ADRO setelah rilis hasil  kinerja untuk semester I-2020,” tulis Stefanus dalam riset, Selasa (18/8).

Di saat Covid-19 terus meredupkan prospek harga dan prospek pendapatan dari segmen batubara pada semester II, Danareksa Sekuritas mengharapkan diversifikasi bisnis dari bisnis non-pertambangan batubara dari investasi di bisnis pembangkit listrik dapat membantu ADRO dalam mempertahankan pendapatannya jangka panjang.

Stefanus mempertahankan rekomendasi beli (buy) saham ADRO dengan target harga Rp 1.300. pada penutupan perdagangan hari ini, saham ADRO ditutup di level Rp 1.115 per saham.   

Baca Juga: Operasional PLTU Batang mundur, Adaro Energy (ADRO) lakukan evaluasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×