kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada wacana percepatan penutupan operasional PLTU, begini prospek emiten batubara


Minggu, 07 November 2021 / 15:14 WIB
Ada wacana percepatan penutupan operasional PLTU, begini prospek emiten batubara
ILUSTRASI. Aktivitas perusahaan pertambangan batubara


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Indonesia berencana memanfaatkan fasilitas Energy Transition Mechanism (ETM) dari Asian Development Bank (ADB). ADB dikabarkan siap membantu Indonesia dan Filipina untuk menghentikan pengoperasian 50% Pembangkit Listrik tenaga uap (PLTU) batubara 10 tahun hingga 15 tahun ke depan.

Target penghentian ini lebih cepat dibandingkan waktu operasional pembangkit listrik batubara secara normal.

ADB siap untuk memberikan dana untuk menghentikan operasional pembangkit listrik batubara  dan menggantikan dengan pembangkit yang menggunakan energi bersih.

Analis NH Korindo Sekuritas Indonesia Samuel Glenn Tanuwidjaja menilai, wacana penghentian operasional pembangkit listrik batubara masih bersifat perencanaan jangka panjang, dan seharusnya tidak berdampak terlalu besar  terhadap emiten-emiten batubara saat ini.

Secara global, meskipun konferensi G20 sepakat untuk mengurangi konsumsi batubara menjadi nol pada 2045, Glenn menilai Indonesia akan masih menggunakan batubara sebagai bahan bakar industri  untuk berbagai macam pembangkit.

Baca Juga: Harga batubara US$ 90 per ton untuk industri pupuk bantu tingkatkan daya saing

Selain itu, secara ekonomis, batubara adalah sumber devisa Indonesia juga, dimana sejumlah negara seperti China, Korea Selatan, Jepang ,dan India tetap mengimpor batubara dari Indonesia .

“Secara jangka pendek 1 tahun -5 tahun, konsumsi batubara masih cukup stabil, mengingat diperlukan belanja modal (capex) yang besar untuk membuat refinery untuk bahan bakar yang lebih economic friendly, seperti Dimethyl Ether (DME),” terang Glenn kepada Kontan.co.id, Minggu (7/11).

Dari segi fueling power, meski  bersifat tidak ramah lingkugan (environmental friendly) batubara masih menjadi sumber energi yang kadarnya paling memenuhi  keperluan industri- industri berskala besar di Indonesia, seperti pabrik besi hingga industri pembangkit listrik

“Penggunaan tenaga panas bumi, air, dan udara untuk bahan bakar di industri dan kelistrikan sudah banyak dikembangkan, namun jumlah penggunaannya sekarang masih lebih kecil dibanding batubara,” sambung Glenn.

Glenn menyimpulkan, industri pertambangan mineral seperti batubara tetap akan prospektif selama 8 tahun-10 tahun ke depan. Sebab, Glenn menilai butuh banyak kucuran dana dan infrastruktur  yang memadai untuk menuju coal free 100% dalam 10 tahun ke depan. 

Eksekusi di lapangan juga harus mulus untuk mencapai  bebas batubara pada 2030.

Dus, emiten pengekspor batubara seperti PT Adaro Energy Tbk (ADRO) dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan tetap mendulang pertumbuhan kinerja yang stabil.

Selanjutnya: INDY, PTBA, Batulicin, Butonas raih kesepakatan investasi di Dubai Rp 210 T

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×