kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ada rencana akuisisi, saham ICBP dan INDF justru terkoreksi


Rabu, 12 Februari 2020 / 21:28 WIB
Ada rencana akuisisi, saham ICBP dan INDF justru terkoreksi
ILUSTRASI. Selama belum ada kejelasan penawaran akusisi tersebut, saham INDF dan ICBP berpeluang tertekan.

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) tengah menjajaki penawaran akuisisi seluruh saham milik Pinehill Corpora Limited dan Steele Lake Limited. Keduanya merupakan perusahaan afiliasi bagian dari Pinehill Company Limited (Grup Pinehill).

Akan tetapi pada penutupan perdagangan Rabu (12/2) harga saham ICBP dan induk usahanya, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) justru terkoreksi. ICBP terkoreksi 6,32% ke Rp 10.750, sementara INDF turun 8,79% ke Rp 7.000.

Head of Research Samuel Sekuritas Suria Dharma menjelaskan bahwa penawaran akuisisi seluruh saham perusahaan itu menjadi sentimen pemberat karena belum diketahui nilai pastinya. Investor khawatir jika harga saham dibeli dengan valuasi yang terlalu mahal.

Selain itu, para investor pun masih mempertimbangkan sumber pendanaan jika akuisisi saham benar-benar terjadi. "Apakah melalui rights issue atau pinjaman, itu semuanya kita belum tahu," kata Suria kepada Kontan.co.id, Rabu (12/2).

Baca Juga: Saham ICBP anjlok 6,54%, rencana akusisi Pinehill Company Limited jadi penyebabnya

Selama belum ada kejelasan terhadap penawaran akuisisi tersebut, pasar diprediksi masih akan khawatir. Sehingga, saham ICBP dan INDF masih memungkinkan untuk terkoreksi.

Asal tahu saja, Grup Pinehill merupakan suatu perusahaan holding yang memiliki empat anak perusahaan. Kegiatan utamanya bergerak di bidang industri pembuatan mi instan di Arab Saudi, Nigeria, Turki Mesir, Kenya, Maroko, dan Serbia. Adapun merek yang digunakan adalah Indomie, berdasar perjanjian lisensi dengan ICBP.

Dalam laporan keuangan ICBP per kuartal III 2019, penjualan dari pihak berelasi Pinehill berkontribusi sebesar Rp 760,19 miliar dari total penjualan ICBP yang mencapai Rp 32,79 triliun. Kontribusi ini terbesar di antara pihak berelasi lainnya.

Menurut Suria, sesungguhnya ICBP menjadi salah satu saham yang defensif dan menjadi top pick pilihan dia. Akan tetapi, reaksi pasar yang berlebih terhadap penawaran akuisisi saham ini cukup mempengaruhi harga ICBP.

Baca Juga: Indofood CBP (ICBP) jajaki akuisisi Pinehill Company Limited, harga sahamnya melorot

Selama harga saham terkoreksi, Suria merekomendasikan beli atau buy dengan target harga Rp 13.200 per saham untuk ICBP dan Rp 9.500 per saham untuk INDF. Suria memberi catatan, target harga ini berlaku jika ICBP benar-benar akan melakukan akuisisi saham. Sebab jika akuisisi benar terealisasi, ada peluang bagi harga sahamnya bertumbuh.




TERBARU

Close [X]
×