kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Boy Thohir dan Wishnutama, Ini Deretan Nama Tenar di Jajaran Manajemen GoTo


Rabu, 16 Maret 2022 / 09:30 WIB
Ada Boy Thohir dan Wishnutama, Ini Deretan Nama Tenar di Jajaran Manajemen GoTo
ILUSTRASI. Garibaldi Thohir mengisi jabatan Komisaris Utama GoTo


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) sedang menggelar penawaran umum saham perdana alias Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan yang diklaim sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia ini, mengincar dana jumbo dari aksi korporasi ini, nilainya capai Rp 17,9 triliun.

Kisaran harga untuk IPO GoTo ditetapkan dalam kisaran Rp 316 - Rp 346 per saham. Kapitalisasi pasar GoTo saat pencatatan saham di BEI diperkirakan berada di kisaran Rp 376,6 triliun (US$ 26,2 miliar) dan Rp 413,7 triliun (US$ 28,8 miliar).

GoTo pun masuk dalam jajaran kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia. Besarnya kapitalisasi pasar dan skala bisnis GoTo tak lepas dari polesan tangan dingin sederet nama beken yang memiliki rekam jejak mentereng di bidangnya.

Mereka saat ini mengisi posisi di jajaran komisaris dan direksi GoTo. Berikut daftarnya:

1. Garibaldi "Boy" Thohir yang menjabat sebagai Komisaris Utama GoTo. Bos PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) ini diangkat menjadi Komisaris Utama GoTo sejak tahun lalu.

Rekam jejak Boy Thohir di pasar saham dan dunia bisnis Indonesia tak perlu diragukan. Salah satu konglomerat di Indonesia ini juga menjabat sebagai direktur dan komisaris sejumlah perusahaan.

Boy menjabat Direktur PT Trinugraha Thohir sejak tahun 2021 dan Komisaris Utama sejumlah perusahaan di antaranya PT Puncak Emas Tani Sejahtera, PT Bumi Suksesindo, PT Trinugraha Food Industry, PT Padangbara Sukses Makmur, PT Pani Bersama Tambang, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), PT Alam Tri Abadi, PT Adaro Indonesia, PT Bhakti Energi Persada, PT Adaro Power, PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA), dan PT Wahana Artha Harsaka.

2. Wishnutama Kusubandio. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2019-2020 ini menjabat sebagai Komisaris GoTO sejak tahun 2021. Saat ini Wishutama juga menjabat sebagai Komisaris PT Tokopedia dan Komisaris Utama PT Telkomsel sejak tahun lalu.

Selama 27 tahun kariernya, Wishnutama telah memegang peran strategis di berbagai perusahaan, terutama di industri media, digital, dan kreatif. Dia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans 7), PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV) dan PT Net Mediatama Indonesia (NET TV) dari tahun 2012 hingga 2019.

Wishnutama juga sempat menjabat sebagai Direktur di PT Agranet Multicitra Siberkom (Detik.com) dari tahun 2011 hingga 2012, serta Komisaris di PT Dynamo Media Network (Kumparan) dari tahun 2017 hingga 2019.

3. Robert Holmes Swan. Komisaris Independen GoTo ini merupakan warga negara Amerika Serikat (AS) juga menjabat sebagai Growth Operating Partner di Andreessen Horowitz, perusahaan modal ventura di Silicon Valley, AS.

Robert juga merupakan Direktur Independen, Ketua Manajemen Risiko, Anggota Komite Audit di eBay. Robert juga menjadi Anggota Dewan untuk beberapa perusahaan teknologi AS, termasuk AppDynamics, dari tahun 2015 hingga 2016, dan Skype antara tahun 2009 hingga 2011.

Baca Juga: Gojek Tokopedia Akan IPO Saham GOTO, Cek Saran Analis dan Cara Membelinya

4. Dirk Van den Berghe. Warga negara Belgia ini diangkat menjadi Komisaris Independen GoTo sejak tahun 2021. Saat ini Dirk juga menjabat sebagai Non-Executive Director Colruyt, perusahaan publik yang bergerak di bidang ritel di Belgia, sejak tahun 2021.

Dirk pernah menjabat sebagai dewan di beberapa perusahaan lain di antaranya Anggota Dewan, Ketua Komite Nominasi & Tata Kelola dan Anggota Komite Audit dan Investasi Flipkart dari 2018 - 2021, Board Observer Walmart Representative di JD.com dari 2016-2018, dan Chairman Walmart Canada Bank sejak 2014 -2016.

5. Caesar Sengupta. Diangkat menjadi Komisaris GoTo sejak tahun 2021, Caesar merupakan pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Arbo Works, perusahaan teknologi keuangan yang didanai oleh perusahaan modal ventura tertutup yang tersebar di Singapura dan San Francisco Bay Area, AS.

6. William Tanuwijaya, komisaris dan co-founder. William merupakan salah satu pendiri Tokopedia dan saat ini memimpin Tokopedia sebagai CEO. Dalam peran krusialnya, William merancang dan mengimplementasikan misi Tokopedia dan strategi bisnis secara keseluruhan. William merupakan salah satu pemegang saham Seri B GoTo.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×