Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Sanny Cicilia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehadiran sejumlah event belanja online seperti Single Day dan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tak banyak berpengaruh terhadap kinerja PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES). Emiten ritel penjual perkakas ini masih belum fokus melakukan penjualan online.
Sekretaris Perusahaan dan Vice President Investor Relations ACES Helen Tanzil menjelaskan, saat ini pihaknya belum fokus ke belanja online.
"Penjualan online ACES hanya melalui ruparupa.com dan kontribusinya belum terlalu besar, masih di bawah 1%," tuturnya kepada kontan.co.id, Kamis (13/12).
Helen pun menyatakan,penjualan ACES secara keseluruhan pada November 2018 cukup baik yaitu naik sekitar 20% dari Rp 5,13 triliun pada periode yang sama di tahun 2017. Maka jika dihitung, total penjualan ACES di bulan ini sebesar Rp 6,16 triliun.
Untuk diketahui, tahun ini ACES menargetkan sepanjang tahun ini kinerja pendapatan perusahaan bisa bertumbuh 10% ketimbang tahun sebelumnya yang sebesar Rp 5,8 triliun. Atau jika dihitung pendapatan ACES pada akhir 2018 akan menjadi Rp 6,38 triliun.
Selanjutnya Helen mengungkapkan bahwa untuk akhir tahun ini, ACES telah menyiapkan strategi untuk meningkatkan kinerja penjualan. "Salah satunya lewat promo bertema world of holiday wishes," tambah Helen.
Sebelumnya Prita Wardhani, Public & Customer Relations Manager ACES pernah menyampaikan bahwa setiap akhir tahun memang ada peningkatan demand dan traffic pengunjung ketimbang hari biasa. Hanya saja, dirinya tak bisa memprediksi karena secara periodikal jumlahnya memang fluktuatif.
Dirinya mengatakan pada festival akhir tahun untuk menyambut natal dan tahun baru perusahan memberikan rangkaian program promosi untuk menarik minat pelanggan. Mulai dari launching produk baru, diskon, promo dan lainnya.
Helen juga membeberkan soal rencana perusahaan untuk tahun depan. Ia bilang ACES telah menyiapkan ekspansi yaitu lewat penambahan gerai. "Kami bakal menambah sekitar 20 gerai baru dengan belanja modal sebesar Rp 350 miliar," imbuhnya.
Sebagai perbandingan di tahun 2018 ini, ACES mengalokasikan belanja modal sebesar Rp 300 miliar. Adapun dana tersebut digunakan untuk penambahan 15 gerai baru.
Sesuai catatan KONTAN, sepanjang tahun ini ACES telah membuka 31 gerai baru atau naik telah 2 kali lipat dari target yang ditetapkan.
Alhasil hingga saat ini ACES sudah memiliki total 175 gerai. Dan jika tahun depan, ada penambahan 20 gerai baru maka total gerai ACES akan bertambah menjadi 195 gerai.
Asal tahu saja, laba bersih ACES hingga September 2018 senilai Rp697,37 miliar, naik 32,4% dari posisi Rp526,46 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Penjualan perseroan mencapai Rp5,16 triliun, naik 22,2% dari posisi Rp4,18 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Sementara itu, beban pokok penjualan ACES hingga September 2018 senilai Rp2,68 triliun, naik 22,9% year on year dari posisi Rp2,18 triliun. Sepanjang 9 bulan 2018, arus kas ACES mencapai Rp61,64 miliar atau turun dari posisi Rp469,94 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Hingga Oktober 2018, Ace Hardware Indonesia membukukan rata-rata pertumbuhan penjualan per toko (SSSG) sebesar 13,2% hingga Oktober 2018. Realisasi SSSG yang dibukukan perseroan lebih tinggi dibandingkan dengan target yang ditetapkan.
Ini alasan Harbolnas dan single day tak berpengaruh besar bagi kinerja Ace Hardware (ACES)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News