kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tekanan eksternal belum reda, rupiah berpotensi koreksi besok


Kamis, 22 Februari 2018 / 19:24 WIB
Tekanan eksternal belum reda, rupiah berpotensi koreksi besok
ILUSTRASI. Suasana Penukaran Mata Uang di Jakarta


Reporter: Dimas Andi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah terhadap dollar AS diperkirakan kembali mengalami pelemahan walau cenderung terbatas pada perdagangan Jum’at (23/2). Hal ini lantaran tekanan eksternal yang mempengaruhi pergerakan rupiah belum mereda.

Analis Asia Tradepoint Futures, Andri Hardianto mengatakan, pergerakan rupiah masih akan dipengaruhi oleh sentimen hasil pertemuan Federal Open Market Committee, Rabu (21/2) lalu waktu setempat. Melalui pertemuan tersebut, The Federal Reserve menyatakan akan menaikan suku bunga acuan AS pada bulan Maret nanti.

Ekspektasi kenaikan Fed Fund Rate menjadi selain membuat dollar AS menguat, nilai imbal hasil US Treasury juga ikut meningkat akhir-akhir ini. Muaranya, posisi rupiah beserta mata uang negara-negara lainnya rentan terhadap koreksi.

Dari dalam negeri, Andri mengatakan terdapat data pertumbuhan kredit perbankan yang akan dirilis besok. Data tersebut diharapkan mampu menjaga pergerakan rupiah agar tidak terkoreksi lebih dalam. “Soalnya di sisa pekan ini rupiah masih sulit untuk menemukan momentum penguatannya,” ujarnya.

Prediksi Andri, rupiah akan bergerak di kisaran Rp 13.640—Rp 13.660 per dollar AS.

Sebagai informasi, kurs rupiah di pasar spot alami pelemahan 0,49% ke level Rp 13.685 per dollar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan hari ini (22/2). Hasil ini pun menjadi rekor koreksi terburuk sejak 13 Februari lalu.

Walau belakangan ini kerap terkoreksi, Andri memandang belum saatnya BI melakukan intervensi terhadap rupiah mengingat pelemahan yang terjadi masih cukup wajar. “Di sisi lain pelemahan ini menjadi katalis positif untuk menggenjot kegiatan ekspor,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×