kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak rekomendasi saham MYOR, MLBI, ROTI


Kamis, 14 Maret 2019 / 23:09 WIB
Simak rekomendasi saham MYOR, MLBI, ROTI


Reporter: Filemon Agung | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung April nanti, sejumlah analis memprediksi emiten sektor Food & Beverages (F&B) akan mengalami dampak positif.

Berdasarkan laporan keuangan beberapa emiten F&B seperti PT Mayora Indah Tbk (MYOR), PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) dan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) tercatat emiten-emiten tersebut mengalami kenaikan dari sisi pendapatan dan laba bersih.

MYOR, salah satu anggota indeks Kompas100, mencatat pendapatan sebesar Rp 17,34 triliun pada Q3 2018 atau naik 21,33 % dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar Rp 14,29 triliun.

Sementara laba bersih tercatat mengalami kenaikan sebesar 18.55 % atau naik dari Rp 927,8 miliar menjadi Rp 1,1 triliun. Sedangkan, MLBI dan ROTI mencatat penurunan laba operasi.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto ketika dihubungi Kontan pada Kamis (14/1) mengungkapkan penurunan laba operasi masih dianggap wajar selama diiringi dengan kenaikan penjualan.

Ia mencontohkan MLBI tahun lalu memasuki pasar ekspor sehingga memungkinkan terjadi peningkatan pada beban operasi.

Analis Reliance Sekuritas Kornelis Wicaksono berpendapat emiten sektor consumer goods secara umum memiliki prospek yang cerah ke depannya termasuk jelang pemilu. “Terlihat dari tiga pemilu terakhir, sektor consumer mampu mengalami kenaikan rata-rata sebesar 46,35%” jelas Kornelis.

Sementara William menilai sentimen dari sponsorship jelang pemilu akan mempengaruhi namun tidak begitu signifikan. Saham-saham emiten ini akan menarik namun mayoritas tidak likuid.

Berikut saham rekomendasi MYOR, MLBI dan ROTI dari analis:

1. Mayora Indah Tbk (MYOR)

Dibanding saham emiten-emiten lain di sektor f&b, saham MYOR lebih likuid dan cocok untuk jangka menengah

Rekomedasi : BUY

Target : Rp 3.000

2. Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI)

Ada peningkatan beban operasi yang diiringi dengan penjualan, kurang likuid namun cocok untuk jangka panjang

Rekomendasi : BUY

Target : Rp 20.000

Panin Sekuritas, William Hartanto.

3. Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI)

Kinerja tertekan karena ada kenaikan tinggi di komponen iklan dan promosi untuk peningkatan kinerja ke depannya, penurunan laba operasi masih wajar.

Rekomendasi : HOLD

Target : Rp 1021

Reliance Sekuritas Kornelis Wicaksono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×