kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak rekomendasi analis terkait rencana akuisisi Medco Energy Internasional


Rabu, 02 Januari 2019 / 21:58 WIB
Simak rekomendasi analis terkait rencana akuisisi Medco Energy Internasional
ILUSTRASI. Nelayan Melintasi Tangki Penyimpanan Medco Energy


Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Medco Energy Internasional Tbk berencana untuk mengakuisisi perusahaan asal Inggris, Ophir Energy plc. Berdasarkan pernyataan pihak Ophir Energy Plc pada hari Senin (31/12) telah terjadi diskusi terkait kemungkinan akuisisi oleh PT Medco Energi Global.

Ophir Energy Plc menyebutkan, PT Medco Energi Global memiliki batas waktu hingga 28 Januari 2019 untuk mengajukan penawaran, sebagaimana ketentuan akuisisi di Inggris. Adapun akuisisi ini akan dilakukan dalam bentuk pembayaran secara tunai.

Dilansir dari Reuters, Selasa (1/1), Ophir Energy adalah perusahaan eksplorasi dan produk minyak dan gas yang berbasis di London. Perusahaan yang fokus di wilayah Asia dan Afrika ini, memiliki kapitalisasi pasar sebesar 252,2 juta poundsterling (US$ 321,41 juta), menurut data Refinitiv.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada melihat bahwa ada beberapa hal positif bagi MEDC diantaranya, jika akuisisi ini nanti terlaksana, maka MEDC bisa mengamankan cadangan produksi dan memungkinkan juga untuk memperbesar produksi minyak dan gasnya. "Lalu, soal bayar akuisisinya pakai tunai, ini menunjukkan bahwa aliran kas MEDC cukup kuat untuk transaksi akuisisi," jelasnya kepada kontan.co.id, Rabu (2/1).

Sementara dari sisi saham, Reza menilai pergerakan saham MEDC akan dipengaruhi oleh sentimen dan spekulasi yang ada. "Sentimen penggeraknya adalah soal rencana akuisisi. Selanjutnya kita tunggu saja kepastiannya," tukasnya.

Ia pun memproyeksi harga saham MEDC dapat naik 5% di jangka pendek. Di akhir perdagangan hari ini saham MEDC ditutup naik 5,11% ke level Rp 720 per saham. Maka jika dihitung, harga saham MEDC bisa menembus level Rp 756 per saham dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×