: WIB    —   
indikator  I  

Sentimen positif, aussie belum mampu ungguli euro

Sentimen positif, aussie belum mampu ungguli euro

JAKARTA. Gubernur Bank Sentral Australia (RBA), Philip Lowe memberikan komentar positif pada sebuah diskusi panel di kawasan Canberra. Tetapi komentar Lowe belum mampu menjaga keunggulan dollar aussie (AUD) di hadapan euro (EUR).

Mengutip Bloomberg, Senin (19/6) pukul 19.04 WIB, pasangan EUR/AUD naik tipis 0,07% ke level 1,47030 dibanding sehari sebelumnya.

Dalam pidato awal pekan ini, Lowe menyatakan ekonomi Australia akan dapat tumbuh lagi pada masa mendatang. Namun, komentar Lowe gagal menguatkan AUD di depan EUR.

Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransuamitra menjelaskan, AUD masih kalah di depan EUR yang mendapat dukungan sentimen positif dari Eropa. "Ketegangan politik di Prancis mereda setelah partai Presiden Prancis, Emmanuel Macron meraih kemenangan di pemilu parlemen," ujarnya.

Laju AUD masih menantikan catatan rapat RBA yang dirilis Selasa (20/6). RBA sebelumnya memandang optimistis ekonomi Australia dengan fokus pada sektor properti dan tenaga kerja. "Jika sejalan dengan pernyataan sebelumnya, catatan RBA akan mendukung AUD," ujar Putu.

Tetapi, penguatan euro juga bisa berlanjut jika pelaku pasar masih merespon positif hasil pemilu Prancis. Sentimen ini jutsru akan lebih dominan menggerakkan EUR/AUD. Dengan demikian, Putu memprediksi EUR/AUD bisa kembali menguat.


Reporter Wuwun Nafsiah
Editor Dupla Kartini

AUSTRALIAN DOLLAR (AUD)

Feedback   ↑ x
Close [X]