kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,02   -1,62   -0.17%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham MAPI direkomendasikan hold


Minggu, 20 Agustus 2017 / 16:25 WIB
Saham MAPI direkomendasikan hold


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) menoreh kinerja yang baik di semester I 2017, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini tercermin dari kenaikan pendapatan dan laba perusahaan. Tapi, analis merekomendasikan hold saham MAPI.

MAPI mencatat pendapatan bersih Rp 7,71 triliun pada semester I 2017. Pendapatan ini meningkat 15,80% disbanding periode yang sama tahun sebelumnya, yakni di angka Rp 6,66 triliun. Beriringan dengan itu, laba bersih MAPI juga meningkat sebesar 278% menjadi Rp 175,02 miliar.

Kenaikan pendapatan ini didorong oleh penjualan eceran dan grosir yang juga meningkat dari tahun lalu. Di semester I 2017 tercatat penjualan eceran dan grosir MAPI sebesar Rp 7,09 triliun. Di periode sama tahun lalu, penjualan eceran dan grosir hanya sebesar Rp 6,07 triliun.

Di penghujung semester II nanti, analis Mirae Asset Sekuritas Christine Natasya melihat bahwa kinerja MAPI masih akan cukup bagus. Hal ini didorong oleh momen Natal yang diperkirakan akan turut mendorong penjualan ritel.

Selain itu, MAPI menurut Christine masih bisa memanfaatkan peluang untuk mengubah layout galeri-galeri yang dipunya. "Dia punya rencana ke depan, mungkin department store-nya dia bakal diubah lebih ke F&B," tutur Christine, Jumat (18/8).

Memang, Christine melihat bahwa di semester satu lalu, lini food & beverage yang salah satunya dijalankan oleh PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) punya kinerja yang baik. Namun, rencana perubahan layout tersebut tentunya tak bisa diwujudkan dalam waktu singkat. Christine bilang setidaknya butuh waktu 2-3 tahun untuk mewujudkan rencana tersebut.

Dari sisi persaingan, MAPI juga masih diuntungkan. Hal ini mengingat adanya penertiban praktik impor berisiko tinggi. Penertiban ini menurut Christine akan lebih berpengaruh ke pemain kecil serta para pemasok barang secara ilegal. "Itu menguntungkan MAPI, karena dia tak ada kesulitan dalam hal ini. Mereka selama ini memang udah melakukan dengan track yang bener. Kalau ilegal ini dipotong, ini harusnya menguntungkan dari sisi persaingan," jelas Christine.

Meski demikian, MAPI menurutnya tetap harus waspada dengan persaingan bisnis online. Secara umum, Christine melihat saham emiten ritel ini masih cukup bagus. Dia merekomendasikan hold untuk saham MAPI dengan target harga Rp 7.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×