kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek emiten ritel masih cerah


Senin, 26 September 2016 / 13:16 WIB
Prospek emiten ritel masih cerah


Reporter: Juwita Aldiani | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Analis menilai prospek industri ritel sampai akhir tahun masih tetap positif seiring dengan perbaikan ekonomi dan perubahan pola konsumen berbelanja ke toko-toko modern. Perkembangan internet juga menjadi pendorong pertumbuhan sektor ritel.

Analis Millenium Danatama Sekuritas Muhammad Al Amin mencermati, laporan keuangan semester pertama emiten sektor ritel rata-rata cukup bagus. Pertumbuhan penjualan musiman tampak lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. "Sehingga, ke depannya sektor ritel masih positif," kata Amin kepada KONTAN, Jumat (23/09).

Namun, data penjualan ritel pada Juli 2016 turun 6,7% dibandingkan Juli tahun lalu. Hal tersebut disebabkan majunya perayaan Hari Raya Idul Fitri sehingga puncak penjualan ada di bulan Juni. Indeks kepercayaan konsumen bulan Agustus juga turun 80 basis poin ke level 113 dibanding bulan sebelumnya 114.

Hal ini disebabkan oleh faktor pertengahan tahun dan Hari Raya Idul Fitri yang telah berakhir, serta gaji pegawai yang kembali normal. Meski begitu, para pakar industri menghitung penjualan naik 14,6% pada Agustus 2016 dibanding Agustus tahun lalu.

Faktor pendukungnya adalah inflasi rendah dan outlook ekonomi membaik. Hingga akhir tahun, diharapkan penjualan terus meningkat.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya melihat, prospek emiten ritel, khususnya yang menjajakan kebutuhan pangan, masih memiliki prospek yang bagus. Maklum, produk-produk tersebut dibutuhkan orang banyak. Karena itu, analis menilai saham seperti RALS, MAPI, dan LPPF memiliki prospek menarik.

Menurut William, prospek industri ritel cerah karena nilai tukar rupiah cukup stabil. Selain itu, daya beli masyarakat berangsur membaik. Pendapat Amin tak jauh beda.

Ia menyukai PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang adalah market leader di sektor ritel, khususnya kebutuhan sandang. Tahun lalu saja pangsa pasar LPPF 42,8%. Prospek LPPF tahun ini masih positif.




TERBARU

[X]
×