kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Private placement, SCMA bidik dana untuk akuisisi


Selasa, 20 Februari 2018 / 16:03 WIB
Private placement, SCMA bidik dana untuk akuisisi
ILUSTRASI. RUPS Surya Citra Media Tbk (SCMA)


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemegang saham PT Surya Cipta Media Tbk (SCMA) menyetujui rencana perusahaan untuk menggalang dana segar melalui private placement. Kini, SCMA berniat untuk berekspansi secara anorgnik.

Direktur Utama PT Surya Citra Media Tbk Sutanto Hartono mengatakan, dana perolehan private placement akan dimanfaatkan untuk pengembangan usaha. "Akuisisi atau penambahan capex (belanja modal)," ujarnya, Selasa (20/2).

Menurutnya, bisnis media terutama kanal televisi sudah cukup jenuh. Rata-rata pertumbuhan industrinya tak lagi bertumbuh double digit, hanya di kisaran 6% hingga 8%. Namun, prospeknya masih sangat menarik.

Dalam kondisi seperti itu, akuisisi merupakan langkah paling optimal untuk mendongkrak kinerja. Sehingga, SCMA merasa perlu melakukan akuisisi. Hal itu yang mendasari SCMA menggelar private placement.

Rencananya, SCMA akan melakukan private placement dengan melepas sebanyak-banyaknya 1,46 miliar saham atau setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Harga pelaksanaannya ditetapkan minimal Rp 2.446 per saham.

Sehingga, perusahaan bakal meraup sekitar Rp 3,58 triliun melalui aksi korporasi yang juga dikenal dengan istilah penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) itu. Private placement SCMA memiliki efek dilusi 9,09%.

Manajemen saat ini tengah melakukan penjajakan dengan sejumlah investor strategis. Tak menutup kemungkinan, jumlah investor strategis SCMA lebih dari satu mengingat placement nanti dilakukan secara bertahap.

Sutanto enggan merinci siapa yang menjadi target akuisisi. Namun, dia memastikan, target akuisisinya itu masih dalam lingkup bisnis media, terutama yang berkaitan dengan konten televisi. Konten televisi serial FTV menjadi salah satu penopang utama kinerja SCMA.

"Kami akan terus ekspansi dari sisi konten dengan bisnis yang berhubungan dengan konten dan program kami," jelas Sutanto. Meski demikian, manajemen masih tetap terbuka dengan bisnis turunan media seperti media digital.

*Silakan unduh laporan keuangan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) terbaru di KinerjaEmiten.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×