kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   -935,51   -100.00%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Platinum dalam jangka pendek kemungkinan bullish


Senin, 06 Agustus 2018 / 19:54 WIB
Platinum dalam jangka pendek kemungkinan bullish
ILUSTRASI. Platinum


Reporter: Michelle Clysia Sabandar | Editor: Agung Jatmiko

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan harga platinum masih akan menurun dengan adanya perhentian produksi oleh Impala Platinum Holding dan Lonmin Plc. Sektor otomotif pengkonsumsi utama platinum terbesar juga sudah mulai mengurangi permintaannya sehingga hal ini membuat harga semakin tergerek karena produksi banyak namun tidak ada yang membeli.

Mengutip Bloomberg pukul 18.47 WIB, harga platinum di New York Exchange Merchantile (Nymex) kontrak bulan Oktober 2018 melemah 0,76% di level US$ 830,50 per troy ons. Dalam sepekan harga platinum melemah 0,27%.

Analis Asia Tradepoints Futures, Andri Hardianto mengatakan platinum berpotensi untuk bullish. "Produksi dikurangi berarti harga akan semakin mahal. harga platinum yang saat ini sedang rebound hanya secara teknikal saja," katanya.

Sekedar tahu saja, harga platinum pada bulan Juli (19/8) kemarin sempat menyentuh level terendah yaitu US$ 806.30 per troy ons. Platinum mengalami rebound karena pasar beranggapan harga terlalu murah saja kemudian ada aksi pembelian kembali (buyback) agar harga platinum tidak terlalu rendah.

Andri mengatakan, sektor industri perhiasan dan sektor industri elektronik (kendaraan listrik) yang bisa menopang harga platinum nantinya. Jika kedua industri ini bisa membantu menopang harga platinum, kemungkinan kuartal ketiga dan keempat platinum bisa mengalami bullish. Meski harga hari ini melemah, platinum masih mempunyai potensi untuk menguat tipis apalagi saat ini produksi tambang sedang dihentikan untuk sementara waktu.

Bukan tanpa alasan, perhentian produksi oleh Impala Platinum Holding dan Lonmin Plc dihentikan produksinya untuk mengimbangi berkurangnya permintaan platinum dari sektor otomotif. Produksi berkurang harga justru akan naik, karena semakin sedikit pasokan, akan semakin mahal juga harga untuk pembeliaannya.

"Jangka pendeknya, harga platinum kemungkinan akan bullish," imbuhnya.

Secara teknikal, Andri melihat harga platinum berada di Ma 50 100 200 yang mengindikasikan untuk sell. MACD di level value negatif 29,5 yang mengindikasikan sell. Indikator stochastic yang berada di level value 30,6 dan RSI 14 di level value 30,3 yang juga mengindikasikan untuk sell.

Andri merekomendasikan sell untuk platinum dengan kisaran US$ 830,00-US$ 840,00 per troy ons dan untuk sepekan ia memberikan kisaran US$ 820,00-US$ 850,00 per troy ons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×