kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pegang saham mayoritas Tol Jogja-Bawen, begini rencana pendanaan Jasa Marga (JSMR)


Jumat, 13 November 2020 / 20:22 WIB
Pegang saham mayoritas Tol Jogja-Bawen, begini rencana pendanaan Jasa Marga (JSMR)


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsorsium PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Candi Borobudur, Jumat (13/11).

JJB merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dibentuk oleh konsorsium BUMN pemenang lelang pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, yang terdiri dari Jasa Marga (JSMR) selaku pemegang saham mayoritas sebesar 60%, Adhi Karya (ADHI) sebesar 12,5%, Waskita Karya (WSKT) sebesar 12,5%, PTPP sebesar 12,5% serta Brantas Abipraya sebesar 2,5%

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Mohamad Agus Setiawan menjelaskan untuk kebutuhan pembangunan Tol Jogja-Bawen, penyediaan dana akan dilakukan sesuai dengan tahapan proyek.

Baca Juga: Jalan tol Yogyakarta-Bawen, konstruksi mulai Agustus 2021, target operasi 2023

"Pembiayaan yang akan dilaksanakan 30% berasal dari modal sendiri para pemegang saham dan sisanya akan diupayakan dari pembiayaan perbankan," jelas Agus kepada Kontan, Jumat (13/11).

Direktur Utama PT JJB Mirza Nurul Handayani menambahkan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki total panjang 75,82 km dengan nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

“Jalan tol ini akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,77 km yang pembangunannya terbagi atas enam seksi,” tambah Mirza.

Dalam pembangunannya, terdapat lima simpang Susun (SS) dan 1 junction yang akan dibangun dimulai dari Junction Bawen yang akan terkoneksi dengan Jalan Tol Semarang-Solo, SS Ambarawa, SS Temanggung, SS Magelang, SS Borobudur hingga SS Banyurejo yang terhubung dengan Junction Sleman Kecamatan Melati yang akan terkoneksi dengan jalan tol Solo-Yogyakarta–YIA Kulon Progo.




TERBARU

[X]
×