kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MTN jadi diversifikasi pembiayaan emiten


Minggu, 22 April 2018 / 23:30 WIB
MTN jadi diversifikasi pembiayaan emiten


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten gencar menerbitkan surat utang berjenis medium term note (MTN). Surat utang yang punya jangka waktu menengah ini mulai dilirik sebagai strategi pembiayaan emiten. Apalagi, belum lama ini Moody’s mengerek peringkat utang Indonesia dengan outlook stabil. Bukan hanya itu, tren suku bunga rendah masih dipertahankan Bank Indonesia pada level 4,25%. Ini membuat yield obligasi termasuk rendah.

Aditya Perdana Putra, Analis Semesta Indovest menyatakan gencarnya penerbitan MTN juga tak terlepas dari kemudahan dan peluang yang diberikan regulator. Terutama dari segi diversifikasi pembiayaan oleh perusahaan. Hal tersebut memberikan pilihan bagi emiten melakukan diversifikasi cost borrowing dalam melihat kebutuhan bisnis ke depan. “Diversifikasi financing itu perlu, tergantung kebutuhan periodenya juga,” kata Aditya kepada Kontan.co.id, Jumat (20/4).

Era suku bunga rendah saat ini juga banyak dimanfaatkan oleh emiten. Pasalnya, bayang-bayang kenaikan Fed Fund Rate bisa memicu juga kenaikan BI Rate. Meski belakangan Bank Indonesia masih mempertahankan pada level yang sama. “Suku bunga murah ini bisa bermanfaat bagi emiten. Ini sangat mendukung. Dari bunganya menarik juga yang ditawarkan emiten,” tambahnya.

Kenaikan rating utang Indonesia oleh Moody’s dengan outlook stabil juga bisa meningkatkan kesehatan keuangan nasional dan korporasi. Ini sekaligus juga menjadi peluang yang bagus bagi emiten. Hal ini membuat indikator perekonomian dalam negeri cukup mendukung. “Kekhawatiran itu memang ada, tapi ada peluang seperti ini tidak bisa dibiarkan saja,” imbuhnya.

Berdasar data Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), jumlah realisasi penerbitan MTN pada kuartal I 2018 mencapai Rp 9,95 triliun yang berasal dari 45 seri. Pada periode yang sama tahun lalu, realisasi penerbitan MTN hanya Rp 3,72 triliun. Penerbitan MTN ramai pada kuartal I 2018, karena tahun ini ada sekitar Rp 11,5 triliun MTN yang jatuh tempo dan sebanyak Rp 5,3 triliun MTN akan jatuh tempo pada kuartal I 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×