kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,12   -8,25   -0.83%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Adiperkasa mengincar pasar Indochina


Selasa, 08 Mei 2018 / 10:42 WIB
Mitra Adiperkasa mengincar pasar Indochina
ILUSTRASI. Mitra Adiperkasa MAPI


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar kawasan Indochina membetot perhatian PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI). Pasar yang paling potensial menurut mereka adalah Vietnam.

Mitra Adiperkasa akan mengandalkan segmen  bisnis fesyen, active serta food and beverage (F&B). Salah satu merek gerai yang akan mereka hadirkan di Vietnam tahun ini adalah Genki Sushi yang beroperasi di bawah anak perusahaan bernama PT Agung Mandiri Lestari. 

Hanya, manajemen Mitra Adiperkasa belum bisa membeberkan target penambahan gerai di Vietnam. "Prioritas pertama kami adalah fokus di Vietnam," kata Virendra Prakash Sharma, Wakil Presiden Direktur PT Mitra Adiperkasa Tbk, Senin (7/5).

Yang pasti, Mitra Adiperkasa menikmati pertumbuhan bisnis yang menjanjikan di negara beribukota Hanoi tersebut. Dua gerai Zara di sana bahkan mencatatkan penjualan terbaik di Asia.

Mengintip laporan keuangan tahun lalu, penjualan dari Vietnam berkontribusi Rp 707,99 miliar atau sekitar 4,34% terhadap total penjualan Rp 16,31 triliun. Sementara  kontribusi selama Januari sampai Maret 2018 mencapai Rp 312,08 miliar atau 7,23% terhadap total penjualan, sekitar Rp 4,32 triliun.

Selain Vietnam, sejatinya Mitra Adiperkasa sudah merambah negara di kawasan Indochina  lain yakni Thailand. Namun performa penjualan dari Negeri Gajah Putih masih di bawah Vietnam.

Selain kawasan Indochina yang mencakupVietnam, Kamboja, Laos, Myanmar dan Thailand, Mitra Adiperkasa kepincut pasar Malaysia. "Malaysia juga kami sudah dapat request (untuk buka) tetapi belum ada keputusan karena saya pikir step by step dan one by one, Indonesia masih menjadi fokus pasar, baru setelah itu Vietnam dan lainnya," terang Sharma.

Sembari memperluas pasar mancanegara, Mitra Adiperkasa menambah merek gerai ritel. Sejak minggu lalu, perusahaan berkode saham MAPI di Bursa Efek Indonesia itu resmi menggengam lisensi penjualan sepatu Clarks dan Lego. Dua merek anyar tersebut akan mendukung perkembangan departement store menjadi shoping stop.

Bisnis digital juga jadi perhatian Mitra Adiperkasa. Setelah Mapemall.com dan MapClub, akhir tahun mereka akan menerapkan konsep omni channel yang memungkinkan konsumen memesan dan mengambil barang dimana pun. Hingga April 2018, ada sekitar 70 gerai yang mendukung omni channel. Semenntara total jumlah gerai sekitar 2.100.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×