kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merger mengerek prospek saham Sejahteraraya Anugrahjaya


Rabu, 14 Maret 2018 / 08:11 WIB
Merger mengerek prospek saham Sejahteraraya Anugrahjaya
ILUSTRASI. Mayapada Hospital SRAJ


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk (SRAJ) kemarin melonjak 28,72% menjadi Rp 242 per saham. SRAJ masuk tiga besar saham top gainers di BEI.

Lonjakan harga saham pengelola Mayapada Hospital ini bertepatan dengan rencana emiten ini bergabung (merger) dengan PT Bogor Medical Center (BMC), rumahsakit swasta di Bogor. Berdasarkan prospektus yang dirilis kemarin, SRAJ akan melaksanakan merger melalui metode akuisisi. SRAJ akan menjadi perusahaan hasil merger.

Nilai pasar wajar BMC adalah Rp 19,76 juta per saham, sementara SRAJ sebesar Rp 282 per saham. Alhasil, rasio konversi saham BMC ke saham SRAJ adalah 1:70.099,67. Ini berarti, 15.185 saham BMC akan dikonversi menjadi 1,06 miliar saham SRAJ.

Pemegang saham SRAJ dan BMC akan terdilusi proporsional sesuai persentase kepemilikan. Adapun rasio konversi masing-masing pemegang saham, yakni SRAJ 91,12% dan BMC sebesar 8,88%.

SRAJ menyatakan, merger ini demi menjawab tantangan pasar. SRAJ dan BMC bergerak di bisnis pelayanan rumahsakit. SRAJ akan meminta persetujuan pemegang saham lewat RUPSLB pada 4 Mei nanti.

Analis Paramitra Alfa Sekuritas William Siregar menilai imbas merger ini akan positif. Salah satu yang membaik adalah struktur utang kedua perusahaan. Dia mencatat, BMC memiliki rasio utang cukup tinggi, yakni 2,7 kali. "Ada potensi gagal bayar," kata dia.

Adapun SRAJ memiliki debt to equity ratio (DER) cukup aman. Jika kedua perusahaan ini bergabung, William memperkirakan rasio utang setelah merger adalah 0,37 kali.

Meski merger berimbas positif, William menyarankan investor tetap mencermati kinerja emiten ini. Tahun lalu, SRAJ masih menderita rugi bersih Rp 100,85 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×