: WIB    —   
indikator  I  

KPIG rights issue demi pemilikan 100% BNR dan PPI

KPIG rights issue demi pemilikan 100% BNR dan PPI

 

JAKARTA. PT MNC Land Tbk (KPIG) kembali mencari dana dari pasar modal. Dengan melepas 1,46 miliar saham dan dengan harga pelaksanaan rights issue yang ditawarkan sebesar Rp 1.520 per saham, maka KPIG bakal meraup duit segar Rp 2,2 triliun.

Mengacu pada prospektus ringkas perusahaan, mayoritas dana rights issue itu digunakan untuk menambah kepemilikan KPIG atas PT Bali Nirwana Resort (BNR) dan PT Pratama Prima Investama (PPI). Rinciannya, sebesar Rp 956,02 miliar atau sekitar 43% hasil rights issue digunakan untuk 201,03 juta saham BNR dan PPI.

Jumlah saham yang dibeli itu setara dengan 55,91%. Tahun lalu, KPIG juga telah mengeksekusi pembelian atas 44,09% saham Bali Nirwana menggunakan dana rights issue Rp 753,98 miliar. Jadi, bisa dipastikan pasca rights issue ini KPIG menjadi pemilik 100% BNR dan PPI.

Alokasi kedua penggunaan dana hasil rights issue ini adalah untuk pembelian lahan strategis yang nantinya digunakan untuk ekspansi KPIG atau pun entitas anak. Alokasinya sebesar Rp 600 miliar atau sekitar 27% dana hasil rights issue.

Terakhir, sebesar Rp 658,05 miliar atau sekitar 29% digunakan untuk kebutuhan modal kerja KPIG seperti pembangunan gedung, pusat perbelanjaan, hotel, atau pun apartemen.


Reporter Dityasa H Forddanta
Editor Hendra Gunawan

AKSI KORPORASI

Feedback   ↑ x