kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsisten Perbaiki Kualitas Aset, KB Bank Sukses Turunkan Rasio Kredit Berisiko


Selasa, 23 April 2024 / 13:23 WIB
Konsisten Perbaiki Kualitas Aset, KB Bank Sukses Turunkan Rasio Kredit Berisiko


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Upaya KB Bank memperbaiki fundamental dan kualitas aset berhasil menorehkan kinerja positif. Bank berkode saham BBKP ini menutup kuartal I tahun 2024 dengan rasio Kredit Berisiko (Loan at Risk/LAR) kurang dari 35%.

Keberhasilan tersebut menjadi capaian tersendiri bagi KB Bank. Pada akhir tahun 2023, LAR KB Bank tercatat berada di kisaran 40% dan pada akhir tahun 2022 di kisaran 50%. Bahkan, pada awal periode transformasi KB Bank tahun 2021 atau setahun setelah KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali, rasio LAR KB Bank sempat menyentuh angka 65%.

Pengalihan aset berkualitas rendah senilai Rp2,87 triliun melalui skema Asset Back Securities (ABS) menjadi salah satu pendorong perbaikan rasio LAR KB Bank. KB Bank mulai melakukan perbaikan kualitas aset sejak periode transformasi tahun 2021 lalu.

“Capaian kinerja positif KB Bank ini, semakin menjadikan kami lebih optimis untuk dapat melakukan ekspansi kredit yang lebih berkualitas, di mana tahun ini kami menargetkan pertumbuhan dari segmen UMKM dan ritel dengan menjadikan segmen wholesale sebagai anchor untuk ekosistem bisnis,” jelas Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong.

Berdasarkan Rencana Bisnis Bank, tahun 2024 KB Bank menargetkan menyelesaikan program perbaikan kualitas aset. Selain itu, tahun ini KB Bank juga mengimplementasikan Next Generation Banking System (NGBS). Perwujudan transformasi digital KB Bank tersebut dimotori sistem perbankan mutakhir yang diadopsi dari induk usaha KB Bank; KB Kookmin Bank dan KB Financial Group.

Berbagai upaya perbaikan kinerja yang dilakukan KB Bank, diharapkan dapat mendorong pertumbuhan positif di tengah situasi ekonomi yang sangat dinamis. Situasi geopolitik yang terus memanas di Timur Tengah dan tingkat inflasi di Amerika Serikat yang belum kunjung mereda, menjadi tantangan bagi kinerja sektor perbankan. KB Bank sendiri mentargetkan dapat mencapai laba operasional sebelum pencadangan atau pre-provision operating profit (PPOP) yang positif di tahun 2024, dan laba bersih positif di tahun 2025.

Sebelumnya, lembaga rating independen Fitch Ratings telah mempertahankan peringkat nasional KB Bank pada level ‘AAA’ dengan outlook stabil. Peringkat tertinggi yang diberikan Fitch Rating tersebut menjadi apresiasi atas berbagai upaya KB Bank dalam mendorong pertumbuhan.

“Seiring dengan terus membaiknya kinerja KB Bank, kami percaya dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan,” pungkas Robby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×