kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kinerja membaik, saham BRI Agro (AGRO) direkomendasikan buy


Kamis, 11 Juli 2019 / 16:59 WIB
Kinerja membaik, saham BRI Agro (AGRO) direkomendasikan buy


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai bank yang pertama meluncurkan aplikasi pinjaman digital di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO, anggota indeks Kompas100) diprediksi akan terus bertumbuh. Penyaluran kredit yang kuat dan likuiditas yang memadai menjadi faktor pendorong kinerja Perseroan.

Pendapatan bunga bersih AGRO bertumbuh sebesar 4,72% secara year on year (yoy) menjadi Rp160,24 miliar, didorong oleh tingginya penyaluran kredit yang menghasilkan pertumbuhan pendapatan bunga mencapai 29,93% pada kuartal I 2019.

Dengan capaian yang cukup bagus tersebut, Research Analyst PT MNC Sekuritas Roro Nurulita Harwaningrum merekomendasikan beli saham
AGRO dengan target harga Rp 480. "Kinerja positif perseroan didorong oleh kemampuan AGRO dalam menyalurkan kredit, likuiditas yang cukup, serta inovasi teknologi." kata Roro dalam keterangan resminya dikutip Kamis (11/7).

Baca Juga: Samuel Sekuritas: Saham HM Sampoerna (HMSP) masih akan tertekan hingga Agustus

AGRO berhasil mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 30,41% yoy didukung oleh likuiditas yang memadai dengan LDR pada level 88,18%. Oleh karena itu, AGRO berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 61,11 miliar. Ini merupakan pencapaian laba tertinggi ke-4 dari seluruh bank BUKU 2 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Pada segi ekspansi bisnis, AGRO mampu melampaui industri dimana pertumbuhan kredit industri berada di level 11,55% yoy dengan LDR yang ketat yaitu pada level 93%. Selain itu, inovasi fintech yang dikembangkan oleh AGRO melalui “Pinang (Pinjaman Tenang)”, tercatat telah menyalurkan
Rp 866 juta dengan 361 debitur.

AGRO yang fokus dalam penyaluran kredit dalam sektor agribisnis juga melakukan kerjasama dengan BRI Life yang diteken pada Rabu (10/7) sebagai upaya untuk meningkatkan positioning dan market share di tengah persaingan industri jasa keuangan yang semakin ketat.

Baca Juga: Analis: Efisiensi jadi kunci Harum Energy (HRUM) perbaiki kinerja

"Melalui kerjasama ini diharapkan BRI Agro dapat meningkatkan basis nasabahnya khususnya nasabah simpanan.” Agus Noorsanto, Direktur Utama BRI Agro.

Dengan meningkatnya basis nasabah simpanan diharapkan transaksi dari seluruh produk-produk e-channel milik BRI Agro juga dapat ikut meningkat,
sehingga pada akhirnya kerjasama ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan dari fee based income.

Kerjasama BRI Agro dan BRI Life ini memiliki ruang lingkup dalam penyediaan jasa penggunaan rekening kepada 3000 pekerja BRI Life melalui aplikasi Mass Account Opening (MAO) dan juga akan dilengkapi dengan fasilitas Cash Management System (CMS) serta BRI Agro memberikan fasilitas
mobile banking atau internet banking BRI Agro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×