: WIB    —   
indikator  I  

Ini pendorong penjualan ekspor SMGR tumbuh 229%

Ini pendorong penjualan ekspor SMGR tumbuh 229%

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penjualan ekspor PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) masih mencatat pertumbuhan yang tinggi. Berdasarkan laporan resmi perusahaan total penjualan ekspor hingga kuartal III tahun ini sebesar 1,38 juta ton.

Padahal, periode yang sama tahun sebelumnya, penjualan ekspor SMGR hanya 420.916 ton. Dus, ada kenaikan hingga 229% dalam penjualan ekspor tersebut.

Agung Wiharto, Sekretaris Perusahaan SMGR mengatakan, kenaikan penjualan ekspor itu merupakan hasil dari upaya perusahaan untuk tetap memaksimalkan para pelanggan yang ada selama ini.

Pasar luar negeri SMGR berasal dari beberapa negara, seperti Malaysia, Filipina, Timor Leste, Bangladesh, Maladewa, Srilanka, Kuwait, dan Australia.

"Hal itu juga kami imbangi dengan mengoptimalkan utilisasi pabrik," ujar Agung kepada Kontan.co.id, Kamis (12/10).

Penjualan ekspor dari Semen Padang memiliki kontribusi paling besar, sebanyak 882.798 ton atau setara sekitar 64% dari total penjualan ekspor. Sementara, sisanya berasal dari Semen Tonasa, sebanyak 502.908 ton.

Namun, jika dibandingkan periode Januari-Agustus 2017, pertumbuhan penjualan ekspor tersebut sejatinya mengalami penurunan.
Selama periode ini, total penjualan ekspor SMGR sebesar 1,26 juta ton, lompat sekitar 250% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, 360.417 ton.


 


Reporter Dityasa H Forddanta
Editor Sanny Cicilia

EMITEN

Feedback   ↑ x