kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia calon penantang kuat Donald Trump di pemilu tahun 2020


Kamis, 16 Agustus 2018 / 01:30 WIB
Ini dia calon penantang kuat Donald Trump di pemilu tahun 2020


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) masih akan digelar tahun 2020 mendatang. Namun kandidat penantang Donald Trump sudah mulai bermunculan.

Salah satunya miliarder yang juga bekas Walikota New York Michael Bloomberg. Bloomberg adalah pendiri Bloomberg LP, perusahaan media global dan pernah menjabat Walikota New York selama tiga periode sebelum mengundurkan diri pada 2013.

Kabarnya Bloomberg mempertimbangkan maju menjadi kandidat Presiden AS melalui Partai Demokrat. Padahal Bloomberg seorang Republican alias anggota Partai Republik.

Nah, rupanya Donald Trump sangat memperhitungkan Bloomberg. Corey Lewandowski, penasihat Presiden Trump mengatakan, Bloomberg dapat menjadi tantangan yang berat bagi Trump bila pada 2020 maju sebagai calon Presiden AS dari Partai Demokrat.

Seperti dilansir Reuters, Lewandowski mengatakan, Bloomberg memiliki keuntungan karena memiliki kekayaan untuk membiayai kampanye dan memiliki tawaran kebijakan yang populer di kalangan Partai Demokrat. Bloomberg tercatat memiliki kekayaannya senilai US$ 51 miliar.

Bloomberg pernah mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden AS dari jalur independen di masa lalu tetapi pada akhirnya menjauh. Surat kabar The Guardian melaporkan, Bloomberg yang kini berusia 76 tahun tersebut menimbang maju sebagai kandidat presiden dari Partai Demokrat.

Menurut bekas manajer kampanye Partai Demokrat Hank Sheinkopf, Bloomberg memiliki pengalaman luas menjalankan kampanye di seluruh AS. "Itu saja membuatnya menjadi kandidat yang jauh lebih baik," ujarnya seperti dilansir The Guardian.

Masih mengutip laporan The Guardian, salah satu sinyal Bloomberg maju untuk pemilihan presiden tahun 2020 adalah keterlibatannya membantu Partai Demokrat dalam pemilu sela bulan November 2018 mendatang. Partai Demokrat berambisi membalikkan kendali Kongres AS yang kini dikuasai Partai Republik.

Bloomberg sendiri mengatakan, ia siap mendukung kandidat di kedua pihak selama si kandidat tersebut sejalan dengan posisinya soal keamanan senjata, lingkungan dan reformasi imigrasi.

Pada bulan Juli 2018 lalu, Presiden Trump memastikan akan mencalonkan diri lagi sebagai kandidat Presiden AS pada pemilihan umum tahun 2020 mendatang. Ia yakin, warga AS masih menginginkan dirinya menjadi Presiden AS.

Trump yang pada pemilu lalu diusung Partai Republik yakin bisa menang dalam pemilu 2020 mendatang. Menurut Trump, tidak ada kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat yang bisa mengalahkan dirinya. "Saya tidak melihat siapa pun. Saya tahu mereka semua dan saya tidak melihat siapa pun," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×