kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini detil pemisahan kongsi BORN-Grup Bakrie


Kamis, 11 Juli 2013 / 15:29 WIB
Ini detil pemisahan kongsi BORN-Grup Bakrie
ILUSTRASI. IHSG diproyeksi masih melanjutkan penguatan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.


Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Borneo Lumbung Energy & Metal Tbk (BORN) akhirnya mencapai kata sepakat dengan Long Haul Holdings Limited dan PT Bakrie & Brothers Tbk untuk melakukan restrukturisasi dalam memisahkan kepemilikan bersama 47,6% saham Bumi Plc.

Saat ini, baik BORN dan Grup Bakrie memiliki secara tidak langsung 23,8% saham di Bumi Plc. Saham tersebut dimiliki melalui dua perusahaan gabungan yakni Borneo Bumi Energi & Metal Pte Ltd dan Bumi Borneo Resources Pte Ltd.

Borneo Bumi Energi & Metal Pte Ltd saat ini memegang 54.154.285 voting shares di Bumi Plc. Sedangkan Bumi Borneo Resources Pte Ltd memegang 60.442.782 suspended voting shares di Bumi Pc.

Restrukturisasi tersebut akan meliputi:

- BORN akan memberikan kepemilikan sahamnya di Bumi Borneo Resources Pte Ltd kepada Grup Bakrie.

- Grup Bakrie akan menyerahkan kepemilikan sahamnya di Borneo Bumi Energi & Metal Pte Ltd kepada BORN.

- Bumi Borneo Resources Pte Ltd menyerahkan 3 juta suspended voting shares di Bumi Plc kepada Borneo Bumi Energi & Metal Pte Ltd. Nantinya suspendes voting shares akan dikonversikan menjadi voting shares jika serah terimanya sudah berlaku efektif.

Hanya saja, restrukturisasi ini bersifat conditional, antara lain, persetujuan oleh pemegang saham Bumi Plc independen:

- Penjualan kepada Grup Bakrie atas 29,2% saham Bumi Plc di PT Bumi Resources Tbk.

- Pengabaian persyaratan atas Peraturan 9 dari City Code atas pengambilalihan dan merger Inggris untuk BORN dan afiliasinya untuk membuat penawaran umum atas saham Bumi Plc yang tidak mereka miliki.

Jika hal ini diimplementasikan, maka, pasca restrukturisasi BORN akan memiliki 100% saham Borneo Bumi Energi & Metal Pte Ltd, yang pada gilirannya akan memiliki sekitar 23,8% saham Bumi Plc. Tidak akan ada perubahan materi dalam kepentingan ekonomi BORN di Bumi Plc sebagai akibat dari restrukturisasi ini.

Selain itu, BORN juga mencatat pengumuman yang dikeluarkan oleh Ravenwood bahwa pihaknya telah menyepakati sejumlah hal dengan Grup Bakrie untuk mengakuisisi seluruh suspended voting shares yang akan dipegang oleh Bumi Borneo Resources Pte Ltd senilai US$ 223 juta pasca restrukturisasi yang dilakukan.

Pihak BORN akan menerima penawaran dari Ravenwood, jika akuisisi Ravenwood diimplementasikan, sehingga BORN dapat mengakuisisi saham di Bumi Plc yang dimiliki secara tidak langsung oleh Ravenwood. BORN memang berencana untuk melakukan akuisisi tersebut jika disetujui oleh para pemegang saham.

Setelah menguasai saham yang dimiliki Ravenwood, BORN akan menjadi pemegang saham terbesar Bumi Plc dengan mengempit 47,6% saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×