kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini berita halaman rekomendasi hari ini


Selasa, 16 September 2014 / 07:00 WIB
Ini berita halaman rekomendasi hari ini
ILUSTRASI. Twibbon selamat Hari Bipolar Sedunia 2023.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

JAKARTA. Harian KONTAN edisi Selasa (16/9) pada halaman lima rubrik Rekomendasi memiliki sejumlah berita yang layak Anda simak. Salah satu berita adalah kinerja PT Semen Batubara Tbk (SMBR) belum mentereng. Emiten yang berbasis di Sumatera Selatan (Sumsel) ini terus tertekan akibat perbaikan alat produksi.

Penurunan kinerja terbesar terjadi di kuartal II-2014. Volume penjualan semen SMBR anjlok 26% year on year (yoy) menjadi 226.000 ton. Jika dihitung sejak awal tahun, volume penjualan turun 3% yoy menjadi 531.000 ton. Ini menyebabkan performa keuangan SMBR tidak semoncer emiten semen lainnya.
Analis memperkirakan perawatan pabrik uzur akan memangkas produksi semen SMBR sampai akhir tahun 2014. Di sisi lain, SMBR tengah membangun pabrik baru, yaitu Baturaja II dengan kapasitas 1,85 juta ton semen per tahun. Penjualan SMBR hingga akhir 2014 diprediksi turun menjadi Rp 1,11 triliun. Sedangkan laba bersih diperkirakan naik tipis menjadi Rp 330 miliar.

Berita kedua ada berita tentang PT Summarecon Agung Tbk (SMRA). Perusahaan ini memutuskan menerbitkan surat utang dalam aksi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) tahap dua. Sebelumnya, penerbitan obligasi ini akan dilakukan pada Juli 2014. Aksi tersebut tertunda lantaran menunggu kejelasan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden. Perusahaan ini akan menerbitkan obligasi senilai Rp 700 miliar atau sekitar 50% dari sisa penerbitan PUB SMRA Rp 1,4 triliun. Rencana penerbitan obligasi berkelanjutan ini akan dilakukan pada Oktober 2014. Emiten saham properti ini juga telah merancang surat utang tersebut 75% dalam bentuk obligasi konvensional dan 25% sukuk.

Selain itu ada berita tentang, PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) yang menuai berkah dari penjualan lahan industri di kawasan Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. Berdasarkan laporan riset Credit Suisse, sepanjang tahun ini (year to date), AKRA tercatat telah mengantongi pra penjualan (marketing sales) lahan industri sekitar 30 hektare (ha). Beberapa investor yang sudah menanamkan investasi di lahan milik AKRA itu di antaranya bergerak di bidang kimia, pengolahan crude palm oil (CPO) dan  logistik. Rata-rata harga jual lahan tersebut US$ 125 per m². Sehingga, dari pra penjualan itu, AKRA mengamankan dana sekitar US$ 37,5 juta.

Berita selanjutnya ada berita tentang PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) mengantongi kontrak baru minyak dan gas. Nilai kontrak baru tersebut US$ 27 juta. Kontrak jasa itu berasal dari proyek Eni SpA di Muara Bakau.

Berita selengkapnya bisa Anda simak di Harian KONTAN hari ini. Selamat membaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×