kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga saham Kimia Farma (KAEF) dan Indofarma (INAF) melesat lebih dari 20% hari ini


Senin, 07 Desember 2020 / 17:28 WIB
Harga saham Kimia Farma (KAEF) dan Indofarma (INAF) melesat lebih dari 20% hari ini
ILUSTRASI. Suasana pameran Indonesia Business & Development Expo di Jakarta, Rabu (20/9). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/20/09/2017


Reporter: Kenia Intan | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham emiten farmasi plat merah PT Kimia Farma Tbk (KAEF) dan PT Indofarma Tbk (INAF) mencatatkan persentase kenaikan harga yang signifikan pada perdagangan hari ini, Senin (7/12). Kedua saham itu meningkat dua digit, bahkan lebih dari 20%. 

Mengutip data dari RTI Business pada penutupan perdagangan, Senin (7/12), harga saham KAEF ditutup menguat 24,79% menjadi Rp 4.430. Pada pembukaan perdagangan hari ini, harga saham KAEF berada di 3.750. 

Harga sahamnya cenderung meningkat dan bergerak di zona hijau sepanjang perdagangan. Adapun pada perdagangan sesi II, saham KAEF terus naik hingga akhirnya ditutup di  harga 4.430. Ini menjadi level tertinggi KAEF pada perdagangan hari ini. 

Baca Juga: Multifiling Mitra Indonesia (MFMI) menebar dividen interim, catat jadwalnya

Tidak jauh berbeda, saham INAF juga menguat signifikan 24,78% hingga menyentuh level 4.230. Pada pembukaan perdagangan hari ini, saham INAF berada di 3.510. Harga sahamnya cenderung meningkat dan terus bergerak di zona hijau sepanjang perdagangan. 

Adapun pada perdagangan sesi II, saham INAF naik hingga akhirnya menyentuh level 4.230 sebagai harga tertingginya hari ini.  

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani melihat, penguatan saham dua emiten BUMN itu terdorong sentimen 1,2 juta dosis vaksin corona produksi Sinovac yang telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12). Adapun KAEF dan INAF merupakan bagian dari holding BUMN farmasi yang bertanggung jawab untuk pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. 

Asal tahu saja, menurut catatan Kontan.co.id, vaksin yang berasal dari China itu didatangkan pada Minggu malam menggunakan pesawat Garuda Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta. Adapun pemerintah masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin lagi yang akan tiba pada awal Januari 2021. 

Baca Juga: Jelang akhir tahun, ini deretan saham pilihan Mirae Asset Sekuritas

Secara teknikal, Hendriko melihat pergerakan harga saham KAEF dan INAF masih punya potensi menguat. "Hal ini karena INAF KAEF masih berada pada fase sideways kemarin dan hari ini mampu kembali breakout dari fase konsolidasinya," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (7/12). 

Walau punya potensi penguatan, saat ini saham INAF dan KAEF dibayang-bayangi aksi profit taking. Sebab, peningkatan harganya sudah signifikan hari ini. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×