kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak mentah melonjak 6% gara-gara sebuah kapal di Terusan Suez


Kamis, 25 Maret 2021 / 06:16 WIB
Harga minyak mentah melonjak 6% gara-gara sebuah kapal di Terusan Suez
ILUSTRASI. Minyak mentah


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak melonjak sekitar 6% setelah sebuah kapal kandas di Terusan Suez pada perdagangan Rabu (24/3). Kekhawatiran insiden tersebut dapat menghambat pengiriman minyak mentah, memberikan dorongan harga setelah penurunan selama seminggu terakhir.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent menetap di US$ 64,41 per barel, naik $ 3,62 atau 6% setelah jatuh 5,9% pada hari sebelumnya. Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) menetap di US$ 61,18 per barel, naik US$ 3,42 atau 5,9% setelah kehilangan 6,2% pada hari Selasa.

Kenaikan tampaknya menstabilkan pasar yang telah merosot dari awal bulan ini, ketika harga mencapai level tertinggi tahun ini di tengah ekspektasi pemulihan permintaan.

Harapan itu pupus ketika negara-negara Eropa kembali melakukan lockdown untuk menghentikan gelombang pandemi lainnya.

Baca Juga: Jalur utama Terusan Suez terblokir, ini gara-garanya

Minyak telah pulih dari posisi terendah yang dicapai tahun lalu karena OPEC dan sekutunya membuat rekor pemotongan produksi. Pada hari Selasa, kedua harga acuan minyak menyentuh level terendah sejak Februari.

Sepuluh kapal tunda berjuang pada Rabu sore untuk membebaskan salah satu kapal kontainer terbesar di dunia yang kandas dan memblokir Terusan Suez selama lebih dari satu hari, kata agen pelabuhan GAC.

GAC mengatakan informasi yang telah diterima sebelumnya yang mengklaim kapal itu sebagian diapungkan kembali, memungkinkan lalu lintas dilanjutkan di sepanjang rute pengiriman tercepat dari Eropa ke Asia.

Harga minyak juga mendapatkan dukungan oleh data Administrasi Informasi Energi AS yang menunjukkan kilang mulai pulih setelah badai musim dingin menutup kilang Texas bulan lalu.

Baca Juga: Harga minyak dibayangi perkembangan situasi di Eropa

"Pabrik penyulingan keluar dari pemeliharaan dan memulihkan diri dari pemadaman listrik. Harapannya adalah sekarang mereka kembali bekerja, kita akan melihat persediaan minyak mentah cenderung lebih rendah dalam beberapa minggu mendatang," kata Phil Flynn, analis senior di Price Futures Kelompok di Chicago.

Italia, Prancis, dan negara-negara Eropa lainnya telah memberlakukan kembali pembatasan pergerakan. Tetapi Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan dia membalikkan keputusan untuk penutupan Paskah yang lebih ketat.

OPEC dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC +, akan bertemu pada 1 April untuk mempertimbangkan apakah akan mengurangi lebih banyak pengurangan produksi mereka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×