kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,92   -28,81   -2.99%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Elnusa (ELSA) terbitkan sukuk pertama Rp 700 miliar dengan peringkat idAA(Sy)


Rabu, 12 Agustus 2020 / 10:04 WIB
Elnusa (ELSA) terbitkan sukuk pertama Rp 700 miliar dengan peringkat idAA(Sy)
ILUSTRASI. Gedung Elnusa, Jakarta. KONTAN/Muradi/2015/05/06


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Cari sumber pendanaan baru, PT Elnusa (ELSA) terbitkan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap I-2020 senilai Rp 700 miliar pada Rabu (12/8). Adapun rencana keseluruhan untuk Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) yakni sebesar Rp 1,5 triliun.

Dalam penawaran sukuk tersebut, perusahaan nasional penyedia jasa energi, menawarkan surat utang syariah untuk jangka waktu 5 tahun dengan cicilan imbal hasil ijarah sebesar 9% per tahun.

Di mana, untuk penawaran tahap pertama Elnusa  menawarkan Sukuk dengan peringkat “idAA-(Sy)” dengan outlook untuk peringkat Perusahaan adalah “Stabil”.

Peringkat tersebut mencerminkan posisi Elnusa berada dalam kondisi arus kas maupun likuiditas yang kuat dengan adanya diversifikasi pendapatan di bidang jasa energi serta dukungan dari induk Perusahaan PT Pertamina (Persero).

Baca Juga: Elnusa (ELSA) raih pertumbuhan pendapatan usaha 3,3% di semester I-2020

“Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Sukuk ini, akan digunakan untuk pembelian aset peralatan jasa hulu migas dan/atau pengembangan infrastruktur jasa hilir migas dalam rangka ekspansi usaha serta untuk penambahan modal kerja Perseoan,” kata Direktur Utama Elnusa Ali Mudakir pada peluncuran penawaran Sukuk Ijarah tersebut Rabu (12/8).

Selanjutnya, Ali menilai dengan berbagai kondisi global yang sedang tidak menentu saat ini, ternyata antusiasme  investor  terhadap sukuk pertama Elnusa sangatlah positif.

Di mana, sukuk tercatat mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed. Hal ini merupakan sinyalemen yang baik dari pasar kepada Elnusa sebagai Perusahaan jasa energi utama di Indonesia.

Di samping itu, Elnusa juga menggandeng empat  penjamin  emisi  yakni Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Indopremier Securities dan Trimegah Securities. Sedangkan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bertindak selaku wali amanat.

Baca Juga: Hadapi triple shock, Elnusa (ELSA) sesuaikan target kinerja dan belanja modal

Adapun cicilan imbalan Sukuk Ijarah ini dibayarkan setiap tiga bulan  sejak  tanggal  emisi  sesuai  dengan  tanggal  pembayaran  yang  sudah  dijadwalkan  dan  para  pemegang Sukuk Ijarah ini akan mendapatkan pembayaran pertamanya pada tanggal 11 November 2020.

“Kami  berkeyakinan  Sukuk  Ijarah  ini  akan  memberikan  tambahan  kekuatan  pendanaan  bagi  Elnusa  dalam melakukan  pengembangan  bisnis  untuk  mencapai  target  pertumbuhan  Perusahaan  yang  telah  kami rencanakan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×