: WIB    —   
indikator  I  

Crossing INDY adalah restrukturisasi internal

Crossing INDY adalah restrukturisasi internal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemegang saham pengendali PT Indika Energy Tbk (INDY) melakukan restrukturisasi internal melalui pengalihan kepemilikan saham. Pada Senin (13/11), PT Indika Mitra Energi, yang menguasai 3,31 miliar saham atau 63,47% saham INDY, telah mengalihkan seluruh kepemilikannya.

Secara rinci, Indika Mitra Energi mengalihkan 1,97 miliar atau 37,79% saham kepada PT Indika Kawan Sejati. Adapun 1,34 miliar atau 25,68% saham lagi dialihkan ke PT Teladan Resources.

Setelah transaksi tersebut, Indika Kawan Sejati dan Teladan Resources menjadi pemegang saham langsung INDY. Sebelumnya, kedua perusahaan itu berstatus sebagai pemegang saham tidak langsung INDY.

Direktur INDY Azis Armand menyebutkan, transaksi pengalihan saham tersebut semata-mata untuk keperluan restrukturisasi internal. "Tidak ada perubahan pengendalian perusahaan," ujar Azis, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (14/11). Seluruh transaksi terjadi di pasar negosiasi pada 13 November 2017.

Selama ini, Indika Kawan Sejati dimiliki dan dikendalikan sepenuhnya oleh dua pihak, yakni Agus Lasmono serta Arsjad Rasjid dan keluarga. Adapun Teladan Resources dimiliki dan dikendalikan sepenuhnya oleh Wiwoho Basuki Tjokronegoro dan keluarga.

Sebelumnya, kontan.co.id menulis, terjadi transaksi tutup sendiri alias crossing saham INDY pada perdagangan Senin (13/11).

Berdasarkan data RTI, transaksi terjadi atas 3,31 miliar saham dengan harga pelaksanaan Rp 303 per saham. Dengan kata lain, nilai crossing saham INDY mencapai Rp 992,6 miliar.


Reporter Sandy Baskoro
Editor Sandy Baskoro

BURSA EFEK / BURSA SAHAM

Feedback   ↑ x
Close [X]