kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CPO merosot mengikuti harga minyak


Jumat, 21 September 2012 / 07:22 WIB
CPO merosot mengikuti harga minyak
ILUSTRASI. Analis menilai penawaran emisi jumbo akan tetap terserap pasar


Reporter: Anna Marie Happy | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Minyak sawit mentah melandai. Peningkatan pasokan dari negara produsen menekan harga crude palm oil (CPO).

Data Malaysian Palm Oil Board yang dilansir 10 September 2012 menunjukkan, persediaan CPO meningkat hingga 2,12 juta ton di bulan lalu. Itu merupakan rekor tertinggi sejak Oktober 2012.

Kontrak pengiriman CPO untuk Desember 2012 di Bursa Malaysia, Kamis (20/9), senilai RM 2.829 per ton, atau melemah 1,05%. Dalam sebulan, harga CPO telah terkoreksi sebesar 5,23%.

Gnanasekar Thiagarajan, Direktur Commtrend Risk Management Service, mengatakan, investor masih berhati-hati karena persediaan meningkat. "Walau ekspor dari Malaysia meningkat," ujar dia kepada Bloomberg.

Sekadar informasi, menurut data Intertek, ekspor CPO dari Malaysia dalam 20 hari pertama di September 2012 naik 14,6% menjadi 928,110 ton, dibanding periode yang sama di bulan lalu.

Profit taking

Selain karena persediaan yang naik, kejatuhan harga CPO merupakan imbas dari harga minyak di New York yang melorot. Harga minyak tertekan akibat stok minyak di AS yang meningkat. Kemarin, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI), di Bursa Nymex turun 0,86% daripada hari sebelumnya.

Analis Senior Monex investindo Futures, Ariana Nur Akbar, berpendapat, harga CPO terkoreksi karena ada aksi ambil untung alias profit taking. Itu lantaran harga CPO sudah menguat cukup tinggi sejak menjelang Lebaran pada Agustus lalu.

Pelemahan harga CPO juga dipengaruhi oleh ancaman dari negara pengimpor seperti India yang menaikkan tarif impor serta China yang membatasi pembelian CPO karena lambatnya pertumbuhan ekonomi. "Ini yang menekan harga CPO," ujar Ariana.

Analis Harvest international Futures, Ibrahim, menambahkan, ketegangan antara China dan Jepang atas kepemilikan pulau, ikut menekan harga CPO. "Harga CPO, hingga 2013, diprediksi akan turun hingga US$ 800 per ton. Kini, harga CPO berkisar US$ 900 per ton," kata Ariana.

Ibrahim memprediksi, dalam sepekan ke depan, harga CPO akan menguat terbatas di rentang antara RM 2.736 hingga RM 2.920 per ton.
Sedang Ariana menilai, harga CPO masih bergerak turun. Secara teknikal, indikator masih mendukung pelemahan harga CPO. Exponential moving average (EMA) membuka celah turun dan mengindikasikan harga CPO masih akan bergerak turun.

Stochastic bergerak turun melewati batas 20, mengindikasikan komoditas tersebut masih akan melandai. Selain itu, moving average convergence divergence (MACD) juga berada di bawah nol.

Ariana memprediksi, CPO akan bergerak melandai di kisaran antara RM 2.772 hingga RM 2.900 per ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×