: WIB    --   
indikator  I  

BWPT kantongi fasilitas utang Rp 1,15 triliun

BWPT kantongi fasilitas utang Rp 1,15 triliun

JAKARTA. PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) memperoleh pembiayaan kembali (refinancing) bank. Berdasarkan laporan keuangan BWPT, anak usahanya, yakni PT Sawit Sukses Sejahtera mengantongi fasilitas pembiayaan dari Indonesia Eximbank alias Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia. 

Pembiayaan syariah dengan prinsip musyarakah mutanaqisah yang diteken 16 Juni ini bernilai Rp 1,15 triliun. Per akhir Juni, saldo fasilitas ini sebesar Rp 808 miliar.

BWPT menggunakan fasilitas ini untuk refinancing aset perkebunan kelapa sawit dan pabrik kelapa sawit PT Sawit Sukses Sejahtera. Jangka waktu fasilitas ini adalah tujuh tahun dengan tingkat margin keuntungan fasilitas ini 10,75% per tahun.

Saat ini, BWPT mencatat pinjaman bank sekitar Rp 8 triliun. Melihat porsinya, nilai pinjaman ini mencapai 50% dari total asset perusahaan, yakni Rp 16 triliun. Sementara itu, utang BWPT per 31 Maret 2017 lebih kurang bernilai Rp 240 miliar.

Berdasarkan materi public expose marathon BEI Senin (7/8), refinancing ini dilakukan untuk menunjang pemeliharaan dan pengembangan tanaman muda dan tanaman belum menghasilkan.

Saat ini, BWPT memiliki 150.000 hektare area tertanam. Separuh atau 50% dari area tersebut dihuni oleh tanaman menghasilkan berumur 4-5 tahun yang tergolong muda. Melihat korelasinya dengan refinancing, kebanyakan pinjaman bank yang didapat BWPT jatuh tempo dalam 6-7 tahun.

Maka, selama masa pinjaman tersebut, tanaman menghasilkan yang kini masih berusia 4-5 tahun sudah berkembang ke usia prima yakni umur 10-12 tahun.


Reporter Nisa Dwiresya Putri
Editor Wahyu Rahmawati

EMITEN

Feedback   ↑ x
Close [X]